Hidup Berkesadaran Menuju Hidup Sehat

324

Manusia tercipta di dunia ini penuh berkah yang sangat berlimpah. Manusia memiliki struktur badan jasmani yang dapat dimanfaatkan untuk menjaga keharmonisan segala lingkungan yang manusia tempati. Jika ini terjadi maka kebahagiaan dan kedamaian akan hadir dalam lingkungan. Namun, jika sebaliknya maka manusia itu sendiri akan merasa hidaupnya penuh dengan penderitaan.

Salah satu unsur penting menuju hidup bahagia adalah PERHATIAN yang benar pada setiap hal yang ada disekitar kita. Perhatian ini dapat dipusatkan pada 4 hal utama yaitu :

  1. Badan Jasmani , dengan manusia menyadari betapa pentingnya badan jasmani ini untuk selalu dirawat dengan baik, mulai dariujung rambut hingga ujung kaki. Ucapkan terima kasih kepada badan jasmani anda yang telah bekerja tanpa henti setiap saat. Jadi sesekali Anda melakukan puasa atau hidup berkesadaran pada diri Anda, maka itu merupakan kebahagiaan tersendiri dari tubuh Anda. Lakukanlah sesekali memanjakan tubuh Anda, mulai dari mata, hidung, lambung, hati, ginjal dll. Pancarkan energi terima kasih kepada mereka semua yang telah bekerja sangat keras untuk diri Anda. Dengan demikian Anda telah berinteraksi secara mendalam dengan Badan Jasmani Anda. Anda juga harus menyadari bahwa badan jasmani Anda akan selalu mengalami perubahan. sadari, sadari dan sadari.
  2. Pikiran, dengan pikiran yang tenang dan fokus Anda akan merasakan indahnya dunia. Melihat dengan jelas, mendengar dengan sadar penuh, dan perhatian penuh atas apa yang terjadi adalah hal baik untuk memperkuat pikiran fokus Anda, setelah itu arahkan menuju pikiran positif.
  3. Perasaan, hal ini akan muncul seraya pencerapan dalam pikiran Anda kontak dengan obyek, dan Anda hanya dilatih untuk menyadari saja perasaan yang hadir. Perasaan itu juga akan hadir, berkembang dan lenyap, terus berubah tiada pernah berhenti. Tanamkan latihan untuk merasakan berbagai macam hal iarahkan menuju positif
  4. Lingkungan, manusia berada dalam lingkungan yang serba beraneka ragam setiap hatinya. Hal ini terkait dengan  aktifitas manusia itu sendiri. Usahakan jasmani, pikiran dan perasaan membentuk lingkungan yang penuh kasih sayang, maka semua akan terkondisi penuh kendamaian dan hal ini merupakan sumber dari kesehatan batin dan jasmani.

Keempat hal ini merupakan aspek yang harus dipahami dengan jelas untuk dapat mencapai ketenangan batin dalam  diri.

Semoga anda senantiasa sadar sepenuhnya dan sehat selalu.




Tinggalkan Balasan

WhatsApp WhatsApp us