- BeritaMusda I Sukses Membawa Dwi Sektiyono Cahyo sebagai Ketua, PERGABI DIY Siap Berkarya untuk Kemajuan Pendidikan Agama Buddha
- ArtikelMeditasi Pernafasan – Pendahuluan Anapanasati Pokok Meditasi oleh YM. Kasapa Thera
- AgendaSutrimo Pimpin PERGABI Kalimantan Utara: Komitmen untuk Pendidikan Agama Buddha yang Berkualitas
- ArtikelMusda I PERGABI Jawa Timur: Sunarto Terpilih Menjadi Ketua
- ArtikelMusda 1 Pergabi Kalsel: Narmin Resmi Terpilih sebagai Ketua Baru
- BeritaKonsolidasi PERGABI Kalimantan Barat: Subari, S.Ag Terpilih Menjadi Ketua dalam Musda I
- ArtikelPELAKSANAAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA DAN BUDI PEKERTI
Ajaran Buddha Ajaran Tentang Kehidupan. Ven YM. Bhante Sri Pannavaro Mahathera.
Karena perjalanan sejarah yang cukup panjang (2500 tahun) itu kadang-2 ajaran Sang Buddha ini terbungkus….. terbungkus oleh bermacam-macam bungkusan yang berwarna-warni yang kadang-2 orang susah melihat isi sesungguhnya.
Kalau masyrakat melihat agama Buddha , kalau masyarakat melihat umat Buddha, mereka tidak gampang simpati, apalagi jatuh cinta kepada agama Buddha. Apa sebabnya? Oleh karena yang kelihatan dari luar, yang menjadi kesan pertama bagi masyarakat terhadap umat Buddha, terhadap agama Buddha ini sungguh kurang menarik. Kalau masyarakat melihat saudara-2, “Oh….umat Buddha ini kalau sembahyang sakepenake dewe”. Pakaiannya tidak diperhatikan, kadang-2 pakai celana pendek, pakai kaos, apalagi duduknya dibawah, tidak rapi dan tidak necis.
Ini sudah membuat kesan tidak gampang, tidak senang orang ikut dengan Saudara. Kesan seperti ini tidak bisa membuat mereka jatuh cinta kepada Saudara, apalagi kemudian melihat agama Buddha ini sembahyang pakai altar, pakai patung-2 bahkan kadang-2 patungnya besar sekali, dan kemudian patungnya banyak. Orang kemudian berpikir, “Oh tentu agama Buddha ini satu agama yang mengajarkan kita untuk menggantungkan diri kepada patung-2, memohon-mohon kepada patung-2, ah…..ini tentunya agama yang sudah ketinggalan jaman satu agama yang sudah tidak sesuai dengan ilmu pengetahuan, satu agama yang tidak mempunyai daya tarik, satu agama yang tidak menarik bagi saya”. Kemudian mereka tidak simpati kepada kita. Inilah kesan-2 pandangan pertama bagi masyrakat terhadap Saudara, terhadap kita, terhadap agama kita yang menimbulkan rasa tidak simpatik dan sulit untuk jatuh cinta kepada agama Buddha.
Sesungguhnya tidak menjadi persoalan Saudara……memang sepintas agama Buddha ini tidak bisa mengundang orang cepat jatuh cinta apalagi kalau altarnya banyak patung dan kemudian banyak sesjaian……ada pisang, ada jambu, ada roti. Orang kemudian mengatakan: “Meja sembahyang kok seperti apa….supermarket. Apakah ini satu agama yang masih layak kita pakai?” Saudara sekalian, tidak menjadi soal pandangan masyarakat kepada kita. Memang di Jawa ada orang yang mengatakan demikian, “Yang perlu….kan hatinya, meskipun wajahnya cantik kalau hatinya berbulu apa gunanya, meskipun wajahnya jelek tapi kalau hatinya mulia tentu akan dicari orang”…..hanya mungkin tidak gampang menarik orang.
Tetapi kalau mereka-2 yang mempunyai salah pengertian kepada agama Buddha terhadap ajaran yang kita anut ini mau sedikit membuka telinga, mendengar dan mengerti apa yang sesungguhnya yang diajarkan oleh agama BUddha, mereka mau tidak mau akan memberikan rasa hormat yang setinggi-tingginya terhadap Ajaran Sang Buddha.
Orang-2 besar, orang-2 pandai di dunia ini Saudara sekalian….kalau Saudara membaca buku-2, Saudara akan melihat orang-2 besar di dunia ini menghargai begitu tinggi sekali terhadap Ajaran Sang Buddha. Apa sebabnya? Oleh karena Ajaran Sang Buddha ini satu ajaran yang berusaha membawa kita mempunyai pegangan yang universal. Ajaran Sang Buddha bukan satu ajaran yang membawa kita pada diskriminasi, satu ajaran yang berusaha mengangkat derajat manusia ini dengan kemampuannya sendiri, satu ajaran yang mengajak kita untuk berpikir dewasa, satu ajaran yang tidak menghendaki kita ini suka menggantungkan diri kepada siapa pun juga, tetapi satu ajaran yang mengingatkan kepada kita, menyadarkan kita, membangunkan kita, “Ayo…..mari bertanggung jawab atas hidupmu masing-masing”. Memang ini susah Saudara, yang paling mudah adalah kalau orang lain maun menanggung kita, yang paling mudah adalah kalau kita ini di dalam kesulitan dan saat kita memohon sesuatu kemudian dengan segera kesulitan itu dapat teratasi. Menggantungkan diri pada sesuatu, mengharapkan sesuatu, adalah sesuatu hal yang paling disukai manusia, memohon sesuatu, meminta sesuatu adalah sesuatu hal yang paling gampang dan paling disukai manusia.
Andaikan Ajaran Sang Buddha ini kemudian karena disulap menjadi demikian, ajaran Sang Buddha ini oleh karena sudah kuno harus di perbaruhi. Ajaran baru agama BUddha ini berbunyi demikian: Kalau Saudara punya kesulitan / persoalan….dan semua manusia tentu punya kesulitan dan persoalan kehidupan ini, tidak usah repot-2, Saudara cukup menyebut satu doa saja, misalnya, satu mantra misalnya, satu jampe-2 misalnya, ‘namo Hompimpa’ misalnya demikian…….tanggung beres, cita-cita (keinginan) semua tercapai, kesulitan semuanya teratasi. Siapa yang tidak senang? Siapa yang tidak tertarik? Dan ini memang menarik sekali. Tetapi ingat, ajaran yang demikian sesungguhnya seperti Saudara diberikan racun yang rasanya madu manis….enak, nanti setelah mati. Yang mati bukan Saudara, yang mati itu pengertian Saudara, bukan racun di tangan kanan madu ditangan kiri (salah satu bait lagu Madu dan Racun). Ajaran seperti yang saya sebutkan tadi seperti racun yang rasanya madu….seperti Baygon yang rasanya jeruk.
Kalau kita mau meneliti Ajaran Sang Buddha, maka ajaran Sang Buddha ini sesungguhnya satu ajaran yang berusaha menguraikan, menjelaskan, menganalisa dengan jelas sekali tentang kehidupan kita. Belajar agama Buddha berarti belajar agama tentang kehidupan, oleh karena tidak ada satu kalimat pun yang diajarkan Sang Buddha yang tidak berhubungan dengan kehidupan.
https://web.facebook.com/744210529044598/photos/a.744215425710775.1073741828.744210529044598/1140026572796323/?type=3&theater
padamutisarana
28 Nov 2024
Meditasi Pernafasan adalah salah satu meditasi Buddhis yang sangat populer dan mudah dilakukan untuk mengembangkan batin dan nilai luhur setiap manusia Menurut Ajaran Sang Maha Buddha, ada 40 mata pokok Meditasi yang diperuntukkan bekerjanya pikiran dalam membangun Ketenangan melalui Jhana (Pencerapan). Ini adalah disebut Kamma-tthana, dan kata ‘Thanam’ (tempat, stasiun, landasan). Jadi, Kammatthana berarti …
padamutisarana
09 Nov 2024
Tanjung Selor, 09 November 2024 – Perkumpulan Guru Agama Buddha Indonesia (PERGABI) kini resmi terbentuk di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara). Kepengurusan PERGABI Kaltara untuk masa bakti 2024-2027 dibentuk melalui Musyawarah Daerah I (Musda I) PERGABI Kaltara yang berlangsung secara luring di Sekolah Buddhis Paramita bagi anggota yang berdomisili di Tanjung Selor dan daring bagi anggota …
padamutisarana
10 Agu 2024
Magetan, 10 Agustus 2024 – Perkumpulan Guru Agama Buddha Indonesia (PERGABI) Provinsi Jawa Timur mengadakan Musyawarah Daerah (Musda) I di Hotel Merah 2 Sarangan Kabupaten Magetan Jawa Timur untuk pembentukan Pengurus Daerah (PD) PERGABI Jawa Timur yang pertama. Bapak Roch Aksiadi, S.Ag., ST., MM., selaku Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat PERGABI hadir dengan penuh semangat dan …
padamutisarana
21 Jun 2024
Kalimantan Selatan, 14 Juni 2024 – Perkumpulan Guru Agama Buddha Indonesia (Pergabi) Provinsi Kalimantan Selatan sukses mengadakan Musyawarah Daerah (Musda) 1 yang dipusatkan di Aula Vihara Buddha Sasana Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, pada Jumat, 14 Juni 2024. Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Umum Pengurus Pusat Pergabi, Bapak Sukiman, S.Ag., M.Pd.B., dengan tujuan untuk membentuk Pengurus …
padamutisarana
30 Mei 2024
Berdasarkan Permendikbudristek No. 56/M/2022, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila adalah kegiatan kokurikuler berbasis projek yag dirancang guna menguatkan pencapaian kompetensi dan karakter profil pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan. Projek ini merupakan bagian dari Kurikulum Merdeka, yang bertujuan untuk menciptakan lulusan siswa-siswa Indonesia yang tergambar sebagai profil Pelajar Pancasila. Dalam upaya membentuk Profil …
padamutisarana
30 Mei 2024
Batam, Tisarana.net – Rabu, 29 Mei 2024 Perkumpulan Guru Agama Buddha Indonesia (PERGABI) resmi terbentuk di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Kepengurusan PERGABI Kepri untuk masa bakti 2024-2027 dibentuk melalui Musyawarah Daerah I (Musda I) PERGABI Kepri yang berlangsung di BIZ Hotel, Batam. Acara tersebut juga menjadi momen penting untuk pelantikan ketua baru. Dalam sambutannya, Edy …
10 Feb 2018 8.996 views
Kalyanamitta berasal dari kata Kalyana yang artinya baik atau bagus dan Mitta yang artinya teman. Jadi Kalyanamitta berarti teman yang baik atau bagus yang dapat menjadikan diri kita selalu waspada dalam menempuh kehidupan dunia dan setelah meninggal. Terdapat empat macam sahabat yang dipandang berhati tulus ( suhada ) : yaitu A. sahabat penolong ( upakaro …
21 Feb 2016 8.880 views
Ada dua orang yang tidak terbalas jasa-jasa nya siapakah mereka ? AYAH dan IBU-mu. Barang siapa dapat mendorong orangtua-Nya menjadi berkeyakinan, berkebajikan, murah hati, bijaksana, dengan berbuat begitu, orang ini telah membalas, bahkan ia telah berbuat lebih dari pada sekedar membalas jasa-jasa orangtua-NYA. ( Anguttara Nikaya 161 ) Pada kesempatan ini saya ingin mengajak para DERMAWAN yang bisa …
30 Nov 2015 8.629 views
Agama Buddha yang oleh umat Buddha dikenal sebagai Buddha Dhamma, bersumber pada kesunyataan yang diungkapkan oleh Sang Buddha Gotama lebih dari dua ribu lima ratus tahun yang lalu, yang menguraikan hakekat kehidupan berdasarkan Pandangan Terang, dan oleh karenanya dapat membebaskan manusia dari ketidaktahuan (avijja) dan penderitaan (dukkha). Dalam sejarah perkembangan agama Buddha, telah timbul berbagai …
22 Feb 2016 6.566 views
DOKTRIN KELAHIRAN KEMBALI Apakah ada kehidupan sebelum kelahiran ? Akankah ada kehidupan setelah kematian ? Ini adalah pertanyaan – pertanyaan yang perlu dibicarakan secara serius dan tenang. Pertanyaan – pertanyaan yang memiliki kepentingan filosofis seperti itu harus dipertimbangkan dengan segenap pemikiran manusia secara objektif dan tanpa prasangka, tidak dipengaruhi oleh perasaan pribadinya. Seseorang mestinya jangan …
28 Jan 2017 5.779 views
Oleh : Y.M. Acharya Buddharakkhita Terdapat berbagai cara dalam latihan metta-bhavana, meditasi cinta kasih universal. Tiga metode dasar akan diuraikan di sini. Petunjuk-petunjuk ini, didasarkan pada sumber-sumber kitab suci dan kitab komentar, ditujukan untuk menjelaskan latihan meditasi metta dalam cara yang jelas, sederhana, dan langsung sehingga setiap orang yang bersungguh-sungguh ingin melaksanakan latihan tidak memiliki …
16 Sep 2018 5.468 views
Sekolah Minggu Remaja Pusdiklat Buddhis Sikkhadama Santibhumi, hari minggu 16 September 2018, di pagi yang cerah para remaja Buddhis berdatangan untuk melaksankan puja terhadap Guru Agung Buddha. Lantunan parita yang baik, terlihat pemimpin puja Aryo dan Anan membaca sesuai dengan tanda baca yang benar. Hal ini merupakan kebanggan bagi remaja Buddhis yang terus dapat turut …
03 Des 2017 4.916 views
“ Anuttaram Punnakhetam Lokassati” Dalam kehidupan manusia didunia ini, terdapat 4 hal yang selalu diinginkan, yaitu : menjadi kaya raya, memperoleh kedudukan yang tinggi, usia panjang, dan mencapai alam kebahagiaan setelah berakhirnya kehidupan di dunia. Secara universal praktek memberi (berdana) dikenal sebagai salah satu keluhuran manusia yang paling mendasar. Terlebih dalam ajaran agama Buddha berdana …
Comments are not available at the moment.