Jangan salahkan orang lain by Ven. Dr. K. Sri Dhammananda

Rabu, Maret 23rd 2016. | Artikel

jangan salahkan orang lain Sri Dhammananda tisarana dot net

Jika engkau belajar untuk menjaga pikiranmu dengan selayaknya, apapun yang terjadi di luar dirimu tidak akan mempengaruhi dirimu. Engkau tidak bisa menyalahkan keadaan jika masalah datang. Engkau tidak boleh berpikir bahwa engkau tidak beruntung, bahwa engkau adalah korban “nasib”, atau seseorang mengutukmu atau menggunakan ilmu hitam terhadapmu.

Apapun alasan yang engkau berikan tidak bisa lari dari tanggung jawab atas perbuatan dirimu.

Berusahalah mencari jalan keluar bagi masalahmu tanpa bersungut-sungut. Berusahalah untuk bekerja dan menjalani hari-harimu dengan gembira bahkan dalam keadaaan yang sangat menekan. Hadapilah setiap perubahan dengan berani jika perubahan itu memang harus / perlu terjadi. Berani untuk menerima apa yang tidak dapat engkau hindari. Bijaksanalah untuk mengerti keadaan dunia yang tidak pasti ini, yang mempengaruhi semua orang. Karena itu engkau harus membangkitkan keberanian untuk menghadapi kekecewaan dan masalah tanpa perasaan putus asa.

Kesulitan memang sudah menjadi bagian yang tak terpisah dari kehidupan. Kita harus menghadapinya dengan berani. Jika engkau tahu bagaimana cara menakhlukan masalahmu tanpa berbuat masalah baru, engkau adalah orang bijaksana. Orang yang berusaha melayani orang lain juga menghadapi masalah. Bahkan mereka lebih banyak disalahkan dari pada orang yang tidak melayani orang lain sama sekali.

Jangan engkau patah semangat, sebaliknya mengertilah bahwa pelayanan demi kepentingan orang lain pada akhirnya hanya akan membuahkan kebahagian sebagai hadiahnya. Dalam memberikan pelayanan kepada orang lain, kita pertama-tama harus memiliki pengetahuan dan pengertian.

BETRAND RUSSELL, seorang filsuf dari Inggris, mengatakan:

“Cinta kasih tanpa pengetahuan, dan pengetahuan tanpa cinta kasih tidak dapat menghasilkan kehidupan yang baik.

Oleh: Ven. Dr. K. Sri Dhammananda

Kiriman WA dari PMd. Herman Cittasuddho – Medan

tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Related For Jangan salahkan orang lain by Ven. Dr. K. Sri Dhammananda