Robot Bhiksu Cina telah hadir di dunia…Waow…Keren…

Jumat, April 22nd 2016. | Berita, Internasional

Master Xianfan looks at robot monk Xian'er as he prepares to pose for photograph in the main building of Longquan Buddhist temple on the outskirts of Beijing, April 20, 2016.  REUTERS/Kim Kyung-Hoon   - RTX2B4DN

BEIJING (Reuters)
Sebuah Vihara di China telah memutuskan menggunakan teknologi untuk menyebarkan Dhamma ajaran Sang Buddha.  Candi Longquan yang berada di pinggiran Kota Beijing  telah mengembangkan biksu robot yang bisa menyanyikan Mantra Buddha, bergerak melalui perintah suara, dan mengadakan percakapan sederhana. Waow.. Keren ..!!!
Robot tersebut diberi nama Xian’er.

Xian’er dapat mengadakan percakapan dengan menjawab sekitar 20 pertanyaan sederhana tentang Buddhisme dan kehidupan sehari-hari, yang tercantum di layar, dan melakukan tujuh jenis gerakan di atas roda nya.

Guru Xianfan, pencipta robot Xian’er  tersebut, mengatakan robot biksu adalah alat yang sempurna untuk menyebarkan kebijaksanaan Buddhisme di Cina, melalui ilmu pengetahuan dan agama Buddha.
“Ilmu Pengetahuan dan ajaran agama Buddha tidak  bertentangan, dan dapat dikombinasikan serta saling kompatibel,” kata Xianfan. 

“Buddhisme adalah sesuatu yang banyak menekankan pentingnya nurani, dan memperhatikan dunia spiritual individu,” katanya.

“Ini adalah jenis budaya tinggi. Berbicara dari perspektif ini, saya pikir itu dapat memenuhi kebutuhan banyak orang. ” katanya
Biksu robot kecil dikembangkan sebagai proyek bersama antara perusahaan teknologi dan ahli kecerdasan buatan dari beberapa universitas terkemuka China.

Dia telah melakukan tur ke beberapa pameran robotika dan pameran inovasi di Cina, tetapi jarang robot tersebut tampil dihadapan publik di kuil Longquan.
Xian’er menghabiskan sebagian besar hari-harinya “bermeditasi” di rak di kantor, meskipun rasa ingin tahu tentang dia telah meledak di media sosial.
Xian’er terinspirasi oleh penciptaan kartun Xianfan 2013 dengan nama yang sama. Candi Longquan ini telah menghasilkan animasi kartun, antologi komik yang diterbitkan, dan bahkan barang dagangan berupa biksu kartun.

Michelle Yu, seorang turis yang sedang mendalami ajaran Buddha, ketika beliau pertama kali melihat Xian’er adalah di media sosial.
“Dia terlihat benar-benar lucu dan menggemaskan. Dia akan menyebarkan Buddha Dhamma ke lebih banyak orang, karena banyak orang tentunya akan berpikir dia sangat menarik, dan akan membuat mereka benar-benar ingin memahami agama Buddha, “kata Michelle Yu
Semoga Ajaran Buddha terus berkembang, dan Dhamma pasti selaras dengan perkembangan teknologi seperti animasi, game, komik digital, dll.

Semoga hal ini menjadi inspirasi para generasi Muda Buddhis untuk membuat terobosan baru dalam pengembangan ajaran Buddha dengan berbagai macam kemampuan yang kita miliki. Saya Yakin Anda Pasti Bisa….!!!

Semoga Semua Makhluk Hidup Berbahagia…
Sadhu….

(Pelaporan oleh Joseph Campbell)
Sumber : http://religionnews.com/2016/04/21/chinese-robot-monk-blends-science-and-buddhism/

tags: , , , , , , , , , , , , ,

Related For Robot Bhiksu Cina telah hadir di dunia…Waow…Keren…