Bagaiman Hidup dengan Keamanan Sejati ?

Kamis, Maret 3rd 2016. | Ceramah

Hidup Dengan Keamanan Sejati by Bhikkhu Revata

Bhikkhu Revata

Jika kita ingin hidup dalam keamanan sejati, kita harus berlatih tiga rangkaian latihan yaitu sila (moralitas), samàdhi (konsentrasi) dan panna (kebijaksanaan). Ketika kebijaksanaan kita matang, Jalan dan Buah pertama akan muncul. Dengan pencapaian ini, kita melindungi diri kita dari melakukan perbuatan dengan tubuh dan ucapan salah yang tak terhitung jumlahnya. Sekarang saya ingin menanyakan satu pertanyaan terakhir,”Seberapa besar usaha yang akan anda berikan untuk melakukan latihan anda?”
Menurut Sang Buddha, “Sama seperti orang yang kepalanya terbakar akan memberikan tekad, upaya, ketekunan ekstra, dll, untuk memadamkan api di kepalanya, maka , demikian juga seorang bhikkhu harus menuangkan tekad, usaha ekstra, dll, untuk meninggalkan ketidakbajikan, kualitas tidak terampil dalam pikiran.”

Di sini, Sang Buddha menggambarkan Usaha Benar. Tanpa Usaha Benar, bagaimana kita bisa mengharapkan untuk mencapai tujuan? Jika kita gagal mencapai tujuan dalam kehidupan ini, maka kita suatu hari dapat sangat menyesal, bahwa kita tidak berupaya ketika kita masih punya kesempatan. Semoga kita masing-masing memberikan upaya ekstra yang diperlukan dan semoga kita membangkitkan energi untuk mengakhiri penderitaan. Ketika Jalan dan Buah Kearahatan muncul, semua kekotoran batin kita hancur tanpa sisa dan kelahiran kembali berakhir. Akan ada kedamaian. Hanya pada saat itu kehidupan kita menjadi “kehidupan dengan keamanan sejati”.

Semoga kita semua merubah kehidupan kita ke dalam kehidupan dengan keamanan sejati.
Semoga kita semua mencapai Nibbàna.
Sàdhu! Sàdhu! Sàdhu!

rochaksiadi

Sumber :

Penerbit dalam bahasa Inggris oleh:
Pa-Auk Foreign Meditators
Diterbitkan oleh:
Yayasan Hadaya Vatthu


 

 

tags: , , , , , , , , , , ,

Related For Bagaiman Hidup dengan Keamanan Sejati ?