YM. Bhikkhu Pannavaro Mahathera, Pdt. Elga Joan Sarapung, dan Bapak Effendi Gazali, Ph.D., MPS ID berbicara tentang Kebhinekaan

Jumat, Mei 6th 2016. | Berita, Nasional

seminar nasional merawat kebhinekaan padamutisarana tisaranaDotNet

Kamis, 5 Mei 2016  di Auditorium HM. Rasjidi Kementerian Agama Rl. Jl. MH. Thamrin Jakarta, Majelis Agama Buddha Theravada Indonesia (MAGABUDHI)  melaksanakan Seminar Nasional bersama YM. Bhikkhu Pannavaro Mahathera, Pdt. Elga Joan Sarapung, dan Bapak Effendi Gazali, Ph.D., MPS ID dan membahas tentang Merawat Kebhinekaan dalam Negara Pancasila. Moderator pada kali ini adalah Romo Dharmanadi Chandra, dengan sangat sejuk beliau mengarahkan proses jalannya seminar ini.

Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pemahaman keagamaan Pandita dan umat Buddha Theravada Indonesia yang tergabung dalam MAGABUDHI.

Sesi 1

YM. Bhikkhu Pannavaro Mahathera menceritakan bagaimana merawat kebhinekaan itu berjalan. Hal ini ternyata tidak perlu teori yang panjang lebar. Kata Kunci dari semuanya adalah BERKOMUNIKASILAH, MENJALIN KERJASAMA, karena bertemu atau tatap muka adalah segala-galanya. Sudahkah kita bertemu dengan antar umat beragama ? Tatap mukalah itu kuncinya…

MAGABUDHI bukanlah hanya untuk Pandita dan Upacarika, namun semua komponen umat Buddha harus dirangkul. Kita harus mampu menjawab tantangan masyarakat, dengan sikap yang nyata dan program yang nyata. Status Elite harus dihapuskan. Itulah kira-kira intisari dari pemaparan YM. Bhikkhu Pannavaro, Mahathera.

Sesi 2

Pdt. Elga Joan Sarapung adalah tokoh umat Kristen yang sangat bijaksana. Pada kali ini beliau mengupas tuntas tentang kebhinekaan. Beliau bercerita tentang keragaman agama dan budaya. Dengan pengalaman yang diceritakannya disimpulkan bahwa INTERAKSI ITU PERLU. Memang perbedaan itu tidak bisa dihindari dari kita semua. Namun kita harus MEMBANGUN JEMBATAN bukan MEMBANGUN TEMBOK. Karena mengukur kadar iman seseorang dapat diuji dengan mendengarkan kebenaran orang lain. Itulah kupasan yang disampaikan oleh Pdt. Elga Joan Sarapung

Sesi 3

Bapak Effendi Gazali, Ph.D., MPS ID beliau sebelumnya memberikan julukan kepada YM. Bhikkhu Pannavaro Mahathera adalah sebagai BAPAK BANGSA yang tercermin dalam :

  1. Kebaikannya
  2. Kebijaksanaannya
  3. Mencerahkan satu sama lain

Sebuah ungkapan yang cukup menggembirakan bagi umat Buddha Indonesia, terima kasih Bapak Effendi. Beliau juga menjelaskan bahwa sejak diciptakan dunia pasti berbeda, yang yang tak pernah berbeda adalah perbedaan itu sendiri. Beliau juga menyarankan agar kita semua dapat :

Menakhlukkan Diri Sendiri

Tidak Menakhukkan Orang Lain

Dan Tidak Perlu Takut Ditakhlukkan Orang lain

Itulah rangkuman dari apa yang disampaikan oleh Bapak Effendi Gazali, Ph.D., MPS ID, hal ini pasti akan membuka wawasan baru bagi Pandita dan Umat Buddha yang hadir pada Seminar Nasional tersebut.

Setelah itu dilanjutkan dengan tanya jawab dan ketiga Tokoh Nasional tersebut dengan sempurna memberikan jawaban yang sangat positif dan membangun bagi para peserta Seminar.

Semoga Seminar Nasional ini bermanfaat bagi semua umat Buddha di Indonesia nantinya…

Sabbe Satta Bhavantu Sukkhitata,

Semoga Semua Makhluk hidup berbahagia.

Sadhu… Sadhu… Sadhu…

 

 

By Tisarana.Net

Incoming search terms:

  • dhamadesana tentang kebhinekaan agama budha
  • materi dhamma desana tentang kebhinekaan
  • sutta tentang kebhinnekaan
tags: , , , , , , , , , ,

Related For YM. Bhikkhu Pannavaro Mahathera, Pdt. Elga Joan Sarapung, dan Bapak Effendi Gazali, Ph.D., MPS ID berbicara tentang Kebhinekaan