Sua Buddha Catur Rupa di Surabaya

Senin, November 30th 2015. | Berita, Daerah, Nasional
Sua Buddha Catur Rupa di Surabaya

Sua Buddha Catur Rupa di Surabaya

OLEH : NOVELIA INDRI SUSANTI
Mahasiswi Analis Kesehatan di Poltekkes Kementerian Kesehatan Surabaya
fb.com/Novelia Indri Susanti
BUDDHA catur rupa menyerupai Phra Phrom (Thao Maha Phrom) di altar Erawan, Bangkok, Thailand, ternyata kembarannya bisa disua di Surabaya. Tepatnya di Pantai Ria Kenjeran, berhadapan dengan Klenteng Sanggar Agung.
Patung Buddha catur rupa atau empat wajah dengan asta hasta atau delapan tangan ini mengandung makna khusus.
Catur rupa mewakili empat kebaikan, yakni adil, pengasih, murah hati, dan meditasi. Delapan hasta, melambangkan kekuatan sang Buddha. Tangan kanan berada di dada, dan tangan lainnya memegang tongkat kebesaran, cupu berisi air suci, piringan, tasbih, dan cakram.
Bahan pelapis patung beserta pilarnya berlapis emas murni yang didatangkan dari Thailand. Tak heran jika seluruh tubuh Buddha hingga puncak stupa tampak berkilau saat ditempa cahaya matahari.
Kompleks ini dilengkapi 12 lampu berbahan tembaga dan perunggu, menambah megah sang Buddha. Kesan eksotis terlihat di malam hari saat lampu menyorot sang Buddha yang duduk tenang di tahtanya. Buddha setinggi 36 meter itu menjadikannya patung Buddha tertinggi di Indonesia versi Museum Rekor Indonesia (MURI).
Selain patung Buddha catur rupa, di lokasi yang sama bisa ditemukan empat patung gajah putih setinggi empat kaki, ruang meditasi bercat merah dengan arsitektur mirip klenteng, tiga bunga teratai yang melambangkan energi penciptaan alam semesta, dan patung Dewa Ganesha berkepala gajah.
Ganesha membawa patahan gadingnya di tangan kanan bawah dan kudapan manis di tangan kirinya. Sesaji dan lilin-lilin dalam gelas untuk ibadah betebaran di sekitarnya.
Di depannya tersedia tempat untuk membakar dupa. Aroma wangi dupa terbakar menambah kesan religius tempat itu. Tetaplah bersikap sopan saat berada di sana, karena sejatinya ini area ibadah umat Buddha, bukan tempat wisata.

 

Sumber :

http://surabaya.tribunnews.com/2015/11/27/sua-buddha-catur-rupa-di-surabaya

Incoming search terms:

  • indri ankes
tags: , , , , , , , , , , , , ,

Related For Sua Buddha Catur Rupa di Surabaya