Sikap Terhadap Mukjizat oleh Pdt. Dharma K. Widya

Selasa, Maret 14th 2017. | Artikel, Berita

dharma k widya kekuatan dari mukjizat share by tisarana.net

Sikap Terhadap Mukjizat

 

Suatu ketika, seorang yang bernama Kevaddha datang kepada Buddha dan meminta Beliau menunjuk seorang bhikkhu untuk mempertunjukkan mukjizat supaya orang2 di tempat itu lebih banyak mempercayai Buddha.
Buddha menolak permintaan itu dan kemudian menjelaskan tentang tiga mukjizat:

Yang pertama adalah mukjizat kekuatan kesaktian seperti misalnya: berubah menjadi banyak, menghilang, menembus dinding, masuk ke dalam bumi seolah-olah itu adalah air, berjalan di atas air seolah-olah itu adalah tanah, terbang bagaikan seekor burung, dan berbagai kesaktian lainnya.

Yang kedua adalah mukjizat membaca pikiran: “Demikianlah pikiranmu, seperti inilah pikiranmu, demikianlah buah pikiranmu.”

Yang ketiga adalah mukjizat ajaran dengan mengajarkan: “Engkau seharusnya berpikir dengan cara ini dan bukan berpikir dengan cara itu! Engkau seharusnya memperhatikan ini dan bukan itu! Engkau seharusnya meninggalkan ini dan harus berdiam dalam pencapaian itu!”,
dengan demikian ajaran akan membimbing orang sesuai dengan perkembangan batin mereka, untuk kebaikan mereka sendiri, dan dengan menggunakan cara yang sesuai untuk mereka.

Mukjizat pertama dan kedua bisa dipertunjukkan dengan tujuan memberi kesan kepada orang2, tiada bedanya dengan mempertunjukkan keajaiban. Perbuatan seperti itu merupakan perbuatan rendah yang tidak dapat memberikan penerangan untuk menolong orang terbebas dari penderitaan.
Mukjizat ketigalah yang dapat disebut mukjizat yang sebenarnya karena dapat menolong orang terbebas dari penderitaan, membuat orang terbebas dari keserakahan, kebencian, dan kegelapan batin.

Sumber: “Dharma Ajaran Mulia” – Dharma K. Widya

Sumber tulisan : https://www.facebook.com/Dhamma-kehidupan-744210529044598/

tags: , , , , , , ,

Related For Sikap Terhadap Mukjizat oleh Pdt. Dharma K. Widya