Seminar Public Speaking dan Pengembangan Materi Kurikulum Sekolah Minggu Buddha Kemenag RI

141

Tisarana.Net – Minggu 27 Oktober 2019 Sekolah Minggu Buddha Vihara Siripada dan STABN Sriwijaya Tangerang mengadakan Seminar Public Speaking dan Pengembangan Materi Kurikulum Sekolah Minggu Buddha Kemenag RI. Seminar  ini diikuti oleh guru Sekolah Minggu Buddha Vihara Siripada dan mahasiswa STABN Sriwijaya sebagai generasi muda penerus Buddha Dhamma.
Pada sesi 1 seminar Public Speaking disampaikan oleh Pandita Muda Suhendri SE., S.Pd.B., MM., CPS., yang memang ahli dalam menyampaikan materi ini. Tidak hanya teori, peserta diberi tugas membuat naskah Dhamma untuk disampaikan dihadapan hadirin dengan waktu 3 menit. Semua peserta selesai dalam membuat naskah sesuai arahan dari narasumber, kemudian 3 orang peserta melakukan presentasi dihadapan para hadirin. Peserta lainnya memberikan komentar positif untuk dapat memperbaikinya jika sudah terjun di Sekolah Minggu Buddha ataupun acara lainnya. Waow… sangat mengasyikkan  sekali seminar sesi 1 ini.

Setelah selesai sesi 1 kemudian istirahat untuk menikmati kopi, teh, dan kue yang sudah disiapkan oleh panitia. Kemudian sesi 2 pun berlangsung dan dipandu oleh Pandita Muda Roch Aksiadi. S.Ag., ST., MM., dengan menyampaikan tema Pengembangan Materi Kurikulum SMB Kemenag RI. Beliau mulai acara ini dengan Ice Breaking “Perkenalan”, hal ini sangat menyenangkan karena semua peserta diwajibkan menyebutkan nama panggilannya dan kemudian membuat kepanjangannya, seperti contoh : “Nama Saya ADI = Antausias, Dedikasi Tinggi, dan Inovatif”. Semuanya akhirnya dapat lebih akrab untuk mengenal satu sama lainnya.

Materi inti yang disampaikan adalah 18 Contoh Kegiatan Menarik dalam Proses KBM Sekolah Minggu Buddhis. Setelah dipaparkan peserta praktek dan melakukan presentasi. Salah satu Kegiatan ini adalah mencipta lagu dengan tema yang ditentukan. Pada kali ini tema yang diangkat adalah Kelas 4 Tema 1 Kewajiban Anak Terhadap Orang Tua. Semua dapat mencipta lagu dengan baik, dan salah satu lagu yang berhasil dibuat oleh Rama Liong Houw adalah sebagai berikut :

AKU GEMBIRA
Cipt. Rm. Liong Houw
Oh mama….. oh Papa aku sayang slalu
Oh mama….. oh Papa menemaniku slalu
Oh mama….. oh Papa mari ke vihara
Oh mama….. oh Papa hatiku gembira

Itulah salah satu syair lagu yang telah tercipta dan nantinya bisa digunakan untuk referensi Lagu Buddhis yang ada di SMB.

Berikut adalah Materi Pengembangan kurikulum Sekolah Minggu Buddha:

Berikut adalah dokumentasinya :

Acara ini berjalan lancar dan sukses, dan semoga dapat memberikan semangat baru untuk dapat meningkatkan kwalitas dan kwantitas SMB.

Semoga Semua Makhluk Berbahagia…

Sadhu…




Tinggalkan Balasan

WhatsApp WhatsApp us