Sejuknya Bincang Dhamma di Cetiya Dhamma Mitta Cipondoh Kota Tangerang

Jumat, Maret 11th 2016. | Berita, Daerah

bincang dhamma di cetiya dhamma mitta cipondoh kota tangerang

Jumat Malam, 11 Maret 2016
Kira-kira pukul 19.30 WIB puja bhakti rutin diadakan dengan penuh ketenangan dan kedamaian yang dipimpin oleh Ketua Cetiya Dhamma Mitta Cipondoh Tangerang yaitu Bapak Upacarika Aliong. Beliau memimpin Puja Bhakti dengan sangat tenang, sehingga umat yang mengikutinya pun hanyut dalam lantunan Paritta Suci yang terus mengalun dalam setiap baitnya. Setelah selesai dilanjutkan dengan meditasi dengan obyek Metta atau Pengembangan Tanpa Batas Rasa Cinta Kasih kepada semua makhluk.
Kemudian setelah meditasi selesai dilanjutkan dengan menyanyikan lagu dengan judul “Terimalah Karmamu” karangan Y.M. Bhikkhu Girirakhito, Mahathera (alm). Lagu dinyanyikan dengan penuh perasaan sehingga bait-baitnya pun sangat mengena dan terasa penuh arti.
Setelah itu dilanjutkan dengan Bincang Dhamma yang dipandu langsung oleh P.Md. Roch Aksiadi, dengan tema Pentingnya Cinta Kasih Hadir dalam Setiap Insan Umat Buddha. Romo Aksiadi menjelaskan betapa besarnya peranan cinta kasih untuk terus dikembangkan dalam setiap langkah hidup kita, baik dilingkungan keluarga, pekerjaan ataupun masyarakat. Karena Cinta Kasih jika ditanamkan dan mengakar dalam diri setiap insan Umat Buddha, maka Pancasila Buddhis sebagai latihan moral dasar umat Buddha akan berjalan dengan baik dan pada akhirnya akan membuahkan kebahagiaan. Namun yang lebih penting lagi yaitu kita dalam melaksanakan cinta kasih harus diimbangi dengan Panna atau kebijaksanaan.

Mengapa perlu diimbangi dengan kebijaksanaan ? Karena jika kita penuh dengan pandangan benar dan berpikiran benar maka akan lebih dahsyat lagi aplikasi cinta kasih tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Umat Buddha Cetiya Dhamma Mitta semua terlihat cukup antausias ketika mendengarkan sedikit uraian tema dhamma tersebut. Kemudian salah satu umat Buddha yaitu Ibu Jeni mengajukan pertanyaan tentang manfaat berdana kepada para Bhikkhu, pembangunan Vihara, panti jompo, dan anak yatim piatu. Kemudian hal ini dibahas bersama dan dengan berbagai jawaban dari Romo Aksiadi serta tambahan dari Upacarika Aliong, akhirnya Ibu Jeni dan umat merasa jelas atas jawaban yang diberikan untuknya.
Setelah bincang Dhamma penuh kesejukkan hati, akhirnya selesai sudah acara pada malam yang berbahagia itu.

Semoga Umat Buddha Cetiya Dhamma Mitta Cipondoh Kota Tangerang selalu maju dalam Dhamma, hidup sejahtera, damai dan bahagia dalam jalan Kebenaran Guru Agung Buddha. Sadhu…

Sabbe Sattha Bhavantu Sukhitatha…
Semoga Semua Makhluk Berbahagia…

Sadhu…

 

By rochaksiadi – Maret 2016

tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Related For Sejuknya Bincang Dhamma di Cetiya Dhamma Mitta Cipondoh Kota Tangerang