Rantai Cinta Kasih Bergulir Bersama Samaneri Komala Sati

Senin, Maret 14th 2016. | Berita, Daerah

samaneri_komala_sati_murid_pertama_Bhikkhu Vimalaramsi Mahathera

Minggu, 13 Maret 2016 Ehipassiko School (Sekolah yang bercirikan Buddhis, di BSD City Tangerang Selatan Banten) kedatangan Tamu Istimewa yaitu Samaneri Komala Sati. Siapakah beliau ? Beliau adalah seorang Samaneri yang sangat penuh rasa cinta kasih dan merupakan murid  dari Bhikkhu Vimalaramsi Mahathera. Siapakah Bhikkhu Vimalaramsi itu ?

Bhante Vimalaramsi  mulai belajar meditasi sejak tahun 1974 dan menjadi bhikkhu pada tahun 1986 karena minatnya yang sangat besar terhadap meditasi. Ia pernah tinggal di Myanmar pada tahun 1988 untuk berlatih meditasi secara intensif di sebuah pusat meditasi terkenal, Mahasi Yeiktha di Yangon.

Di sana, ia berlatih selama 20 sampai 22 jam sehari selama hampir satu tahun. Namun karena terjadinya kerusuhan sosial di negeri itu, semua orang asing diminta meninggalkan negara itu, Bhante Vimalaramsi lalu pergi ke Malaysia dan berlatih meditasi cinta kasih secara intensif enam selama enam bulan.

Pada tahun 1990 ia kembali ke Myanmar untuk bermeditasi vipassana secara intensif, selama 16 jam sehari di Chanmyay Yeiktha, Yangon. Ia berlatih di sana selama dua tahun, kadang duduk meditasi selama 7 sampai 8 jam. Namun ia tidak menemukan apa yang dicarinya sehingga ia pergi lagi ke Malaysia pada tahun 1996, tinggal dan mengajar di vihara Theravada terbesar di sana. Di sana ia bertemu dengan banyak bhikkhu terpelajar, dan sering terlibat dalam diskusi.

Akhirnya ia menyadari bahwa metode vipassana yang selama ini ia pakai berdasarkan kitab komentar Tipitaka ternyata tidak akurat jika dibandingkan dengan ajaran yang asli. Maka, Bhante Vimalaramsi mulai mempelajari teks-teks asli dan kemudian mempraktekkan meditasi berdasarkan teks-teks tersebut.

Setelah tiga bulan melakukan retret sendiri, ia menulis sebuah buku tentang penyadaran nafas berjudul The Anapanasati Sutta: A Practical Guide to Mindfulness of Breathing and Tranquil Wisdom Meditation. Kini buku tersebut telah dicetak lebih dari 1 juta eksemplar di seluruh dunia. Buku ini sekarang digunakan sebagai panduan praktis bagi guru-guru meditasi dan para siswanya.

Bhante Vimalaramsi kembali ke Amerika pada tahun 1998 dan mulai mengajar meditasi di seluruh penjuru Amerika. Kini ia mengajar meditasi secara tetap di Dhamma Sukha Meditation Center, Annapolis, Missouri, tempat dimana ia membangun pusat kajian Buddhis tradisi hutan pertama di Amerika.

Salah satu buku karya Bhante Vimalaramsi yang telah diterjemahkan ke bahasa Indonesia adalah Breath of Love yang berisi panduan praktis meditasi cinta kasih dan penyadaran nafas. Buku ini diterbitkan oleh Ehipassiko Foundation.

Anda bisa mengenal Bhante Vimalaramsi melalui lebih jauh website www.dhammasukha.org.

(SUMBER : http://buddhazine.com/malam-ini-dhammatalk-bhikkhu-vimalaramsi-di-anggrek-dhamma-saraniya/)

Samaneri Komala Sati mengajarkan tentang bagaimana kebahagiaan hadir dalam diri kita. Beliau juga memberikan beberapa pandangan sehingga kita semua dengan penuh semangat bahwa kita adalah Putra-Putri Sang Bhagava. Acara ini dihadiri kurang lebih 50 orang yang terdiri dari siswa SMP dan SMA Ehipassiko School BSD, Guru da Staff Ehipassiko School BSD dan Orang Tua Murid. Beliau juga sangat interaktif dalam penyampaiannya, ada 1 teman (Glenn kelas XI IPA) yang menjelaskan tentang Perspektif kata Putra Putri Sang Bhagava. Kemudian Samaneri juga menjelaskan makna Ulang Tahun, kadang kita larut pada bungkusnya dan justru yang terpenting adalah isinya. Beliau juga menjelaskan akan kwalitas Keyakinan kita terhadap Ajaran Buddha yang seharusnya kokoh seperti Gunung yang berdiri menjulang tak tergoyahkan.
Samaneri juga berpesan betapa pentingnya kita menjaga Moralitas, karena ini adalah sebab kebahagiaan semua makhluk.
Diakhir sesi kita semua diajak untuk membuat rantai cinta kasih, yaitu kita duduk membentuk love dan masing-masing tangan menempel kesebelah kiri dan kanannya, sehingga tidak terputus. Selanjutnya kita meditasi dibimbing langsung oleh samaneri.
Waow…terasa sejuk dan bahagia sekali.
Karena interuksi dari Samaneri diantaranya adalah membuka memori kita pada masa lalu yang sangat membahagiakan, kemudian kebahagiaan itu dipertahankan di dalam dada dan sampai ke ubun-ubun. Walaupun hanya 7 menit berlatih meditasi, rasanya sangat bahagia sekali dengan bergulirnya rantai cinta kasih itu. 
Setelah itu kita bercerita pengalamannya selama 7 menit bermeditasi.

Mereka sangat bahagia, bahagia, dan bahagia….
Semoga hal ini menjadi hal yang baik untuk terus mengembangkan Cinta Kasih kita kepada semua Makhluk.

Sabbe Sattha Bhavantu Sukkhitatha

Semoga Semua Makhluk Hidup Berbahagia Batin dan Jasmani…

Sadhu….

 

by tisarana.Net

Incoming search terms:

  • rantai cinta kasih adalah
tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Related For Rantai Cinta Kasih Bergulir Bersama Samaneri Komala Sati