Peran pemuda dalam mengisi kemerdekaan dan pembangunan nasional

Kamis, Februari 28th 2019. | Berita, Daerah

Pemuda merupakan penerus perjuangan generasi terdahulu untuk mewujudkan cita-cita bangsa. Pemuda menjadi harapan dalam setiap kemajuan di dalam suatu bangsa dengan ide-ide ataupun  gagasan yang berilmu, wawasan yang luas, serta berdasarkan kepada nilai-nilai dan norma yang berlaku di dalam masyarakat.

Pemuda memiliki peranan penting dalam mewujudkan demokrasi Indonesia. Sebagai salah satu alat mencapai demokrasi, pemilu harus berjalan dengan aman dan damai serta terhindar dari perpecahan antar anak bangsa. Sebagai generasi muda hendaknya mereka menyadari bahwa di tangan merekalah harapan bangsa Indonesia dipertaruhkan. Melihat dari potensi yang melekat pada generasi muda, sudah selayaknya para pemuda Indonesia terjun untuk ikut serta dalam mengisi kemerdekaan dan pembangunan nasional

Peran pemuda dalam mengisi kemerdekaan dan pembangunan nasional dapat memberikan dampak positif  bagi pertumbuhan bangsa, termasuk dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu). Dalam rangka menyambut Pemilu 2019, pada tanggal 23 Februari 2019, PC HIKMAHBUDHI Kota Tangerang melakukan sosialisasi pemilu yang bekerja sama dengan Relawan Demokrasi KPU sekaligus dewan penasehat kami yaitu saudara Hendra S.E., M.M. yang akrab kami panggil dengan sebutan ‘Ko Acong’, sosialiasi diadakan di Kebaktian Pemuda Sakya Putta dan Cetiya Dharma Widya. Sosialisasi ini menjelaskan tentang bagaimana prosedur dalam pemungutan suara serta aturan dalam undang-undang yang harus dipatuhi oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Beliau juga menyampaikan bahwa dalam ajang pemilu para pemuda harus mengambil peran dengan ide dan gagasan mereka, bukan hanya berdiam diri saja dan bersikap acuh tak acuh yang bisa menjadikan para pemuda apatis dengan cara golput, sehingga makna demokrasi dapat diselamatkan. “Mungkin anda tidak memikirkan politik, tetapi politik memikirkan anda.” Ungkap Relawan Demokrasi Hendra S.E., M.M.

Saudara Hardi menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi ini dilakukan dalam upaya meningkatkan pengetahuan dan partisipasi masyarakat akan pentingnya Pemilu khususnya bagi kalangan muda pemeluk agama Buddha di Kota Tangerang. “Kita sebagai pemuda harus ikut mensukseskan pemilu 2019. Pilihlah pemimpin yang sesuai dengan hati kalian, jangan sampai salah memilih pemimpin. Karena pilihanmu menentukan masa depan bangsa ini” tutup Ketua terpilih PC HIKMAHBUDHI Kota Tangerang periode 2019-2021.

Sumber: PC HIKMAHBUDHI Kota Tangerang

tags:

Related For Peran pemuda dalam mengisi kemerdekaan dan pembangunan nasional