Patung Buddha Tidur di Mojokerto Sangat Besar…!!

Selasa, Maret 8th 2016. | Berita, Daerah

Patung Budha di Trowulan buddha tidur mojokerto

Salah satu patung Buddha tidur terbesar di dunia berada di Mojokerto, Jawa Timur. Patung Buddha tidur atau yang lebih dikenal dengan istilah sleeping Buddha itu menjadi salah satu obyek wisata di Mojokerto, yang banyak dikunjungi anak-anak sekolah maupun kalangan umum.

Patung Buddha tidur atau sleeping Buddha terletak di Desa Bejijong, kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Awalnya patung ini disediakan bagi komunitas Agama Buddha saja, tapi dalam perkembangannya patung ini menjadi obyek wisata alternatif.

Patung berwarna keemasan ini memiliki panjang 22 meter dengan lebar 6 meter dan tinggi 4,5 meter. Patung ini dibuat di tahun 1993, menggunakan bahan beton yang dipahat perajin patung asal Trowulan. Patung ini menggambarkan wafatnya sang Buddha, Siddharta Gautama dalam kondisi tertidur.

Seluruh bagian patung ini berwarna kuning keemasan, di bawah bagian patung terdapat relief-relief yang menggambarkan kehidupan Buddha Gautama, hukum karmaphala dan hukum tumimbal lahir. Tak jauh dari patung Buddha terdapat kolam air yang ditumbuhi tanaman teratai yang melambangkan kehidupan sang Buddha dan ajaran Agama Buddha.

Banyak anak-anak sekolah maupun lingkungan umum yang datang untuk sekadar berwisata maupun untuk kepentingan pendidikan. Meski sudah pernah datang ke tempat ini namun mereka tetap datang guna melihat patung Buddha terbesar ketiga di dunia, setelah Thailand dan Nepal.

Para pengunjung seperti tidak mau kehilangan momentum ini, banyak di antara pengunjung yang mengabadikan kunjungan mereka dalam foto, dengan berlatar belakang patung Buddha.

Sumber :

http://news.metrotvnews.com/read/2014/05/09/240059/patung-budha-tidur-terbesar-ketiga-di-dunia-berada-di-mojokerto

Dikutip pada hari rabu, 09 maret 2016

tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Related For Patung Buddha Tidur di Mojokerto Sangat Besar…!!