Pasamuan Agung MAGABUDHI IX tahun 2016 dibuka oleh Menteri Agama RI

Jumat, Mei 6th 2016. | Berita, Nasional

mentri agama ri membuka pasamuan agung magabudhi ix tahun 2016 ke 2

Kamis, 5 Mei 2016 di Auditorium HM. Rasjidi Kementerian Agama Rl. Jl. MH. Thamrin Jakarta, Majelis Agama Buddha Theravada Indonesia (MAGABUDHI)  melaksanakan Acara Pembukaan Pasamuan Agung ke IX. Pada Pasamuan Agung ini sangat istimewa, karena acara ini dibuka langsung secara resmi oleh Menteri Agama Republik Indonesia Bapak Lukman Hakim Saifuddin. Hal ini sungguh sangat membahagiakan sekali bagi umat Buddha yang hadir pada saat itu. Ini juga merupakan kebanggaan bagi umat Buddha Indonesia khususnya MAGABUDHI karena acara istimewa telah berjalan dengan lancar dan sukses.

Acara Pembukaan berlangsung sekitar kurang lebih pukul 14.00 sampai selesai. Acara dimulai dari Sambutan Ketua Umum Romo Dharma K. Widya. Beliau mengucapkan terima kasih kepada Menteri Agama yang berkenan hadir untuk memberikan arahan dan membuka acara ini secara resmi.

Selanjutnya adalah sambutan dari Sangha Theravada Indonesia (STI) yang disampaikan oleh YM. Bhikkhu Jothidhammo, Mahathera.  Beliau berharap agar MAGABUDHI lebih dapat melayani apa harapan dari masyarakat buddhis, dan harus di revitalisasi dalam programnya agar lebih sukses. STI juga berharap dan mendukung dapat betul-betul mendapat keputusan yang bermanfaat  untuk sekarang dan yang akan datang.

Kemudian Bapak Menteri Agama, Bapak Lukman Hakim Saifuddin memberikan motivasi dan pencerahan untuk semua Pandita dan Umat Buddha yang hadir.  Beliau mengatakan bahwa di usia MAGABUDHI yang sudah 40 tahun, ini adalah usia yang cukup matang. Beliau juga menjelaskan bahwa terdapat tipe-tipe negara diantaranya adalah negara agama dan negara sekuler. Namun Indonesia bukan memiliki paham keduanya, namun Indonesia adalah negara yang menjunjung tinggi nilai-nilai agama.

Kemudian beliau juga menjelaskan 2 sisi agama yaitu :

  1. Luar, yaitu diterangkan sebagai jalan menuju kebenaran, keragaman yang berbagai-bagai, dan keragaman yang sangat luar biasa.
  2. Dalam, yaitu berbicara tentang HAKIKAT, sesuatu yang tidak ada perbedaan dalam semua agama. 

Sebaiknya kita sebagai umat beragama harus bicara agama dari sisi dalam, agar selalu berpikir positif dan menimbulkan dan mengembangkan kerukunan. 

Selain itu kita juga hendaknya menjaga Tri Kerukunan Umat Beragama yaitu:

  1. Kerukunan intern umat beragama
  2. Kerukunan antar umat beragama
  3. Kerukunan antar umat beragama dengan Pemerintah

Itulah petuah yang disampaikan oleh Menteri Agama RI, Bapak Lukman Hakim Saifuddin, sehingga diharapkan kerukunan hidup beragama secara umum dapat berjalan dengan baik dan terus bertumbuh semakin baik dan penuh kebahagiaan.

Sabbe Satta Bhavantu Sukkhitata,

Semoga Semua Makhluk hidup berbahagia.

Sadhu… Sadhu… Sadhu…

 

by tisarana.net

Incoming search terms:

  • dhammasubho 25@gmail com
tags: , , , , , , , , , , , , , , ,

Related For Pasamuan Agung MAGABUDHI IX tahun 2016 dibuka oleh Menteri Agama RI