“Menjadi Dhammaduta yang Handal” dalam TOT MAGABUDHI PC. KAB. TANGERANG

Kamis, Januari 18th 2018. | Berita, Daerah

Foto Bersama Romo Hendwi selaku Tutor dalam acara Training of Trainer
Majelis Agama Buddha Theravada Indonesia (MAGABUDHI) PC. Kabupaten Tangerang

 

Vihara Punna Karya Tangerang – Rabu, 17 Januari 2018

Dhammaduta merupakan salah satu tugas mulia yang dimiliki oleh seorang umat Buddha, karena dalam tugasnya tersebut harus tertanam nilai-nilai luhur Ajaran Guru Buddha Gautama yang harus diterapkan dalam kehidupannya  dan kemudian dibagikan pengalaman hidupnya keumat Buddha yang dibinanya.

Pada kesempatan ini Pengurus Cabang Majelis Agama Buddha Theravada Indonesia (MAGABUDHI) Kabupaten Tangerang mengadakan Training of Trainer (TOT) yang bertemakan “Pengembangan Diri sebagai Dhammaduta”.

Kali ini nara sumbernya adalah Romo Hendwi, beliau adalah seorang Dhammaduta Handal yang telah berpengalaman sharing Dhamma di berbagai kota, daerah, dan pelosok di Indonesia.

Romo Hendwi mengatakakan :“Dhammaduta adalah seorang yang sangat mulia, karena tujuan salah satunya adalah merubah cara pandang seseorang menjadi lebih baik lagi dalam menjalankan hidup sebagai manusia yang beragama Buddha”

Diterangkan lebih lanjut bahwa Landasan atau Motivasi Awal menjadi Dhammaduta adalah Memberi Manfaat untuk Orang Lain dan Berbagi.

Adapun Tantangan yang dihadapi Dhammaduta saat ini adalah sikap cemas, bingung, merasa tidak siap,merasa tidak mampu dan hal tersebut dapat mengakibatkan perasaan Dhammaduta menjadi dagdigdug, keringat dingin, mules, gemetar, gugup, dan bahkan bisa terjadi sakit perut. Hal itulah yang membuat Dhammaduta akan mengalami kesulitan.

Setelah hal yang berkaitan dengan tantangan dibahas Romo Hendwi, dilanjutkan dengan pembahasan PROSES melaksanakan tugas sebagai Dhammaduta. Proses yang akan menjadikan seseorang Dhammaduta yang Handal meliputi :

1. Kenali Audien

2. Tetapkan Tujuan yang Jelas

3. Jadi Diri Sendiri

4. Kuasai Materi

5. Kuasai Cara Membuat Materi

6. Bicara dengan Cara yang Menarik

7. Optimalkan Bahasa Verbal

8. Optimalkan Bahasa Non Verbal

Satu demi satu Proses tersebut dibahas dengan jelas dan gamblang. Pembahasan ini sangat menarik karena narasumber terus dihujani tanya jawab dari para Peserta Seminar yang hadir. Mereka yang sebagian besar Anggota MAGABUDHI PC Kabupaten Tangerang saling berdiskusi dari mulai Trik dan Tip sharing Dhamma pada Remaja, hingga masalah Motivasi untuk umat Buddha.

Dengan berbagai tanggapan dan masukan dari para peserta yang kritis dalam berargumen dan pembicara yang sangat piawai dalam menjawab,  satu demi satu pertanyaan dan tanggapan dari para Peserta akhirnya terselesaikan dengan penuh rasa puas dan gembira. Kegiatan berjalan dengan baik dan sangat bermanfaat bagi semua yang hadir di acara tersebut.

Terima Kasih kepada PC MAGABUDHI Kab. Tangerang yang telah memfasilitasi kegiatan ini sehingga berjalan lancar dan sukses.

Begitu juga kepada Romo Hendwi yang dengan pengalamannya berkenan sharing Dhamma demi kemajuan umat Buddha binaan MAGABUDHI khususnya, dan seluruh umat Buddha di Kabupaten Tangerang pada umumnya.

Semoga kegiatan ini dapat dilanjutkan dengan workshop seperti membuat materi  sharing dhamma, kemampuan bahasa verbal, Public Speaking, dan lainnya yang dapat meningkatkan kwalitas Dhammaduta PC MAGABUDHI Kabupaten Tangerang, sehingga Seorang Dhammaduta dapat menyebarkan Dhamma yang ;

Indah Pada Awalnya,

Indah Pada Pertengahannya, dan

Indah Pada Akhirnya,

sehingga dapat menghasilkan output umat Buddha yang berpola pikir Buddhis dengan benar, berkeyakinan kuat terhadap Buddha Dhamma, Berkarakter, Berintegritas, Bahagia dalam Dhamma,  Modern, dan Tetap Teguh Menjunjung Ajaran Yang Mulia Buddha Gautama.

Semoga Semua Makhluk Berbahagia

Sadhu….

 

By. Roch Aksiadi – Tisarana.Net

tags: , , , , , ,

Related For “Menjadi Dhammaduta yang Handal” dalam TOT MAGABUDHI PC. KAB. TANGERANG