Melihat Kekurangan Diri Sendiri. Oleh: YM. Bhante Sri Pannavaro Mahathera.

Kamis, Maret 16th 2017. | Artikel, Berita, Ceramah

melihat kekurangan diri sendiri YM.Pannavaro Mahathera share oleh tisarana.net media informasi dan komunikasi umat buddha indonesia

Melihat Kekurangan Diri Sendiri.
Oleh: YM. Bhante Sri Pannavaro Mahathera.

Salah satu kesulitan terbesar manusia adalah melihat kekurangan dan kesulitannya sendiri. Berat, pahit, untuk melihat kekurangan diri sendiri. Kita ingin berpaling cepat, lari dari segala macam kesulitan dan kegagalan. Dengan berbagai harapan berusaha menutupi segala macam persoalan kehidupannya. Dan memang, mempunyai berbagai harapan adalah sesuatu yang paling menyenangkan untuk menyembunyikan penderitaan.

Lihatlah kehidupan ini dengan wajar, apa adanya. Lihatlah dengan segala kekurangan dan penderitaannya. Dengan berpandangan demikian kita tidak hanya melihat kehidupan ini sebagai emas dan juga tidak sebagai kotoran. Sulit untuk melihat kenyataan, lebih-lebih kenyataan dirinya sendiri. Tetapi, dengan mau melihat kenyataan akan membuat kita berpikir dewasa.

Berani melihat kenyataan dengan wajar, mengetahui sebab penderitaan, dan berusaha keras mengatasi sebab itu untuk mewujudkan hidup yang harmonis serta bahagia. Tanpa pandangan yang benar tentang kehidupan ini, manusia sering melarikan diri dari kenyataan. Menutupi persoalan dengan mencari kenikmatan; menghindari kesukaran dengan mengejar kesenangan. Ini bukan menyelesaikan masalah, tetapi bahkan menambah persoalan dan menambah penderitaan baru.

Jangan lari dari diri sendiri ! Kembalilah kepada diri sendiri yang seutuhnya. Dengan kembali kepada diri sendiri, maka kita akan melihat diri sendiri. Dengan melihat diri sendiri, kita akan menyadari semua kekurangan diri kita. Dengan berpangkal menyadari kekurangan diri, akan bangkitlah semangat untuk membangun kembali, mencapai kehidupan yang sejahtera dan bahagia.

 

Sumber :
https://www.facebook.com/744210529044598/photos/a.744215425710775.1073741828.744210529044598/1074482582684056/?type=3&theater

tags: , , , , , , , , , , ,

Related For Melihat Kekurangan Diri Sendiri. Oleh: YM. Bhante Sri Pannavaro Mahathera.