Indahnya Bincang Dhamma bersama Romo Toni Yoyo dan Bhikkhu Atthadhiro

Kamis, September 22nd 2016. | Berita, Daerah

seminar-dhamma

Minggu, 18 Sempember 2016
Minggu yang cerah itu memberikan makna yang sangat besar bagi kita umat Buddha yang melaksanakan Puja Bhakti di Pusdiklat Santibhumi BSD City Kota Tangerang Selatan. Hati yang jernih beriringan dengan ketenangan batin yang di lakukan oleh umat Buddha dengan membacakan alunan Paritta Suci dan melatih meditasi. Hal ini adalah kebajikan yang terus dilakukan oleh umat Buddha guna memperbaiki kualitas Sadha, Sila dan Bhakti. Semoga hal ini akan terus berkembang hingga akhirnya mereka dapat bijaksana dalam ucapan, pikiran, dan perbuatan.
Pada kali ini umat Buddha setelah melakukan Puja Bhakti disuguhkan suasana yang berbeda, yaitu ada acara Bincang Dhamma, demikian yang disampaikan oleh Bapak Agus selaku MC dan pemimpin Puja Bhakti. Bincang Dhamma ini di bawakan oleh moderator yang sangat profesional yaitu Bapak Ionari atau biasa dipanggil juga Bapak Eko. Beliau membawakan jalannya acara dengan sangat sejuk dan damai. Kemudian siapakah yang berbincang pada kesempatan itu ? Beliau adalah tokoh umat Buddha yang sudah tidak asing lagi yaitu :

  1. Romo Toni Yoyo
  2. Bhikkhu Atthadhiro

Adapun tema yang diangkat pada kesempatan itu adalah Cara  Sukses Atasi Galau.
Pada kesempatan pertama Romo Toni Yoyo menyampaikan apa itu sebenarnya Galau. Beliau menjelaskan bahwa Galau itu merupakan pikiran yang ruwet, bingung, dan kacau. Kemudian beliau juga menjelaskan Penyebab Pikiran galau itu terjadi karena :

  1. Tegang
  2. Memanjakan Panca Indera
  3. Keinginan Berlebihan
  4. Menyalahkan Situasi dan Kondisi serta Orang Lain
  5. Berkumpul dengan orang yang dibenci
  6. Berpisah dengan orang yang dicintai
  7. Tidak berani mengatasi galau

Hal itulah yang membuat orang menjadi galau dan tidak tenang hidupnya. Setelah itu Romo Toni juga menyampaikan cara untuk mengatasi galau tersebut diantaranya adalah :

  1. Bersyukur dan berterima kasih
  2. Atasi dan hadapi masalah
  3. Kurangi cemas dan takut
  4. Hiduplah kekinian
  5. Praktek Meditasi
  6. Percaya dan Yakin pada Hukum Karma
  7. Lakukan perbuatan baik tanpa Berharap

itulah yang disampaikan oleh Romo Toni Yoyo berkaitan dengan Galau.
Selanjutnya Bhikkhu Atthadhiro memberikan ulasan juga mengenai Galau. Bhante Attha menjelaskan kapan kita semua bisa Galau? Ternyata ketika kita merasa LEMAH disitulah tumbuh subur kegalauan. Maka itu kita boleh tinjau ulang point sukses yang akan kita capai. Tujuan hidup yang akan kita capai harus disesuikan dengan persiapan kita. Karena pada dasarnya Hidup itu adalah Persiapan. Semakin besar Persiapan kita akan hidup maka semakin besar pula kesuksesan kita. Masalah yang ada dalam hidup kita harus kita hadapi dan disenangi. Karena pada hakekatnya masalah itu adalah berkah. Karena Sang Buddha sudah menyampaikan bahwa Siapa yang melihat Dukkha, maka dia akan menuju jalan Kebahagiaan.

Hal -hal yang harus dilakukan agar kita bahagia adalah Semangat, Maju Terus dalam kebaikan, Perhatian Benar dan Evaluasi.

Itulah kira-kira Bincang Dhamma dari Para Tokoh Buddhis di Pusdiklat Sikkhadama Santibhumi, semoga membawa berkah bagi kita semuanya.

Sadhu… Sadhu… Sadhu…

 

by tisarana.Net

 

Incoming search terms:

  • Galau dalam agama buddha
  • galau dalam Buddhis
tags: , , , , , , , , ,

Related For Indahnya Bincang Dhamma bersama Romo Toni Yoyo dan Bhikkhu Atthadhiro