Dhamma is Calling You By Brigpol Vijja Vardhana, MG., S.Pd.B.

Selasa, September 25th 2018. | Berita, Daerah

STABN Sriwijaya Kabupaten Tangerang-Kamis, 20 September 2018 pukul 19.00 Wib para mahasiswa/i STABN Sriwijaya dan umat Buddha hadir untuk melaksanakan puja bhakti. Puja bhakti Sariputta ini dilaksanakan setiap hari kamis. Alunan paritta suci yang merdu dan membuat suasana tenang dan damai dibacakan oleh seluruh peserta Puja Bhakti. Setelah selesai membaca paritta suci, dilanjutkan dengan berlatih meditasi. Suasana tenang, damai, tenteram, menyelimuti proses meditasi ini. Meditasi merupakan jantung dari ajaran Buddha yang dapat menciptakan pikiran dan pengetahuan yang benar dari fenomena yang terjadi dilingkungan sekitar. Umat Buddha harus selalu sadar dalam menghadapi segala fenomena sekitar dengan memandang hal tersebut lebih nyata dan benar serta melihat  lebih dalam dari semua yang terjadi, sehingga munculah kebijaksanaan dalam batin yang dapat  mengarahkan diri ke arah yang benar.

Setelah puja bhakti selesai dilanjutkan dengan Dhammadesana atau berbagi pengalaman dhamma, pada kali ini disampaikan oleh seorang Polisi yang berprestasi yaitu Bapak Brigpol Vijja Vardhana, MG., S.Pd.B. dengan tema “Dhamma is Calling You”. Beliau memaparkan pentingnya sikap disiplin dalam sebuah aktifitas, jadi sebelum sharing Dhamma beliau mengajarkan sikap duduk yang benar agar kita dapat konsentrasi dan siap dalam mengikuti sesi acara tersebut. Kemudian beliau mengajarkan bagaimana pentingnya Dasa Punnakiriyavatthu atau sepuluh perbuatan baik yang dilakukan untuk menuju kebahagiaan sesuai yang telah diajarkan oleh Guru Agung Buddha Gautama. 10 Perbuatan baik itu terdiri dari:
1. Dana – Beramal atau menolong makhluk lain tanpa mengharap balasan
2. Sila – Hidup bersusila, etika, atau moralitas
3. Bhavana – Meditasi untuk mengembangkan pikiran yang baik
4. Apacayana – Rendah hati dan hormat kepada orang yang pantas kita hormati
5. Veyyavaca – Berbakti dan bersemangat dalam melakukan hal-hal yang patut dilakukan
6. Pattidana – Suka membagi kebahagiaan terhadap orang lain, atau melakukan perbuatan baik atas nama keluarga kita yang telah meninggal dengan harapan semoga mereka turut berbahagia melihat kita berbuat kebaikan
7. Pattanumodana – Bersimpati atas kebahagiaan orang lain, tidak merasa irihati
8. Dhammasavana – Mempelajari dan sering mendengarkan Dhamma
9. Dhammadesana – Menyebarkan atau menerangkan Dhamma
10. Ditthujukamma – Berpandangan hidup yang benar

Sepuluh ajaran ini jika diterapkan dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari akan membuahkan hasil yang baik dan dapat mengantarkan hidup kita menuju kesuksesan. Jadi ketika kita dipanggil untuk melaksanakan Dhamma dengan penuh keyakinan, maka sumber kebahagiaan sudah ada pada diri kita semua.
Dhamma yang telah diajarkan oleh Guru Agung Buddha Gautama adalah untuk dipraktekkan yang akan memberi manfaat besar bagi kehidupan. Bapak Vijja juga mengatakan, laksanakanlah Dhamma dengan baik dan benar pasti hidup anda akan sukses dan bahagia.

Setelah mendengarkan pemaparan yang begitu jelas, Bapak Vijja memanggil perwakilan dari Yayasan Budhi Dhamma Bhakti yaitu Bapak Roch Aksiadi selaku Sekretaris Umum untuk mensosialisasikan kegiatan yayasan. Yayasan Budhi Dhamma Bhakti merupakan yayasan yang sudah cukup lama berkecimpung di bidang keagamaan Buddha yang saat ini telah menaungi 3 vihara yaitu :
1. Vihara Caggasasana dan Mandala Avalokitesvara di Cukang Galih Tangerang
2. Vihara Ariya Dipasena di Rancaiyuh Tangerang
3. Vihara Brahma Vihara di Sodong Tangerang

Setelah diuraikan secara singkat oleh Bapak Roch Aksiadi, kemudian bapak Vijja kembali menekankan betapa pentingnya kedudukan yayasan yang merupakan lembaga untuk menaungi secara hukum vihara-vihara yang ada. Pesan beliau juga nantinya semua mahasiswa saat ini atau setelah lulus juga harus berkontribusi untuk mendukung yayasan dimanapun berada. Kemudian semua peserta diajak oleh Bapak Vijja untuk berdana, melatih kerelaan untuk kepentingan dan mendukung Yayasan Budhi Dhamma Bhakti Tangerang. Setelah dana tekumpul diserahkan secara simbolis dari Perwakilan mahasiswa STABN kepada bapak Roch Aksiadi, begitu juga Bapak Vijja juga menyerahkan dana untuk Yayasan Budhi Dhamma Bhakti.  Dana tersebut akan ditransfer melalui rekening yayasan oleh Ketua Puja Bhakti saudara Utama.


Semoga kebajikan yang telah dikondisikan pada hari itu dapat membuahkan kebahagiaan bagi mereka semua.

Semoga Semua Makhluk Hidup Berbahagia

Sadhu… Sadhu… Sadhu…

by Tisarana.Net

tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Related For Dhamma is Calling You By Brigpol Vijja Vardhana, MG., S.Pd.B.