Dasa Paramita jalan menuju Kebahagiaan

Jumat, Februari 17th 2017. | Berita, Daerah

WP_20170216_009Mr. Ditthi (Ketua Panitia Peringatan Magha Puja 2017) memberikan Ucapan Terima Kasih kepada Mr. Ariya Vandana

Kamis, 16 Februari 2017 – Pada hari itu di sekolah Buddhis daerah BSD City Kota Tangerang Selatan Provinsi Banten tepatnya di Ehipassiko School BSD, diadakan peringatan hari Magha Puja. Peringatan ini dilakukan oleh siswa-siswi, guru, dan staff SMP-SMA Ehipassiko School BSD. Tujuan dari diadakan peringatan ini adalah agar semua warga Ehipassiko School dapat merenungkan kembali inti sari dari ajaran Guru Buddha yang tertuang dalam Ovada Patimokkha.
Acara ini dimulai dengan puja bhakti dan kemudian diisi sharing Dhamma. Pada kali ini sharing disampaikan oleh pendiri Buddhis Reborn yaitu Mr. Arya Vandana. Beliau dengan gaya anak muda menyampaikan inti sari dari ajaran Buddha. Kemudian dikupas juga tentang 10 Paramita. Namun sebelum menyampaikan Dhamma beliau memperkenalkan game online yang sedang marak saat ini yaitu Clash Royal . Beliau menghubungkan bagaimana kita menang game dengan cara berbuat baik yaitu memiliki kalyana mitta. Anak-anak sangat tertarik dengan penjelasan kebajikan yang dikaitkan dengan permainan game yang memang disukai oleh banyak orang saat ini. Wow…. sangat menyenangkan sekali.
Kemudian dilanjutkan dengan pembahasan 10 Kebaikan yang dapat mengantarkan kita pada hidup yang lebih bahagia. 10 Kebaikan itu adalah :

  1. Dana
  2. Sila
  3. Nekkhama
  4. Panna
  5. Viriya
  6. Khanti
  7. Sacca
  8. Aditthana
  9. Metta
  10. Upekkha

Pembahasan tersebut diawali dengan menyanyikan lagu 10 Kebaikan.
Beliau menyampaikan tentang kesempatan besar dari para Siswa dan mahasiswa untuk berdana yang tidak dimiliki oleh orang yang sudah bekerja yaitu : Tenaga, Ide dan Waktu. Ketiga hal itu sangat mudah dilakukan oleh anak sekolah dan para mahasiswa. Oleh karena itu Beliau menghimbau agar siswa-siswi untuk aktif di dalam kegiatan disekolah atau di vihara terdekat. Begitu juga dengan pelaksanaan Sila kita juga harus melaksanakan dengan sempurna agar kita dapat melakukan meditasi dengan baik. Sebagai siswa Buddha kita harus bijaksana, hal ini dapat kita lakukan dengan tahapan sebagai berikut :

  1. Baca, Lihat dan Dengarkan

  2. Analisa dan Perenungan

  3. Jalankan dan Rasakan

Itulah tahapan untuk mengembangkan kebijaksanaan dalam segala hal yang kita alami. Kemudian dibahas juga tentang Aditthana yang merupakan cara umat Buddha untuk bertekad dalam mencapai suatu tujuan. Hal ini sangat berbeda dengan konsep doa, dimana didalam konsep Aditthana ini seorang umat Buddha harus melakukan kebajikan terlebih dahulu, kemudian dia bertekad dalam hati agar apa yang ia cita-citakan tercapai, tentunya dengan kesadaran bahwa sesungguhnya Kerja Keras dan Karma Baik yang berbuah yang membuat mereka sukses.

WP_20170216_003

Mr. Arya Vandana memberikan Sharing Dhamma dengan penuh semangat

WP_20170216_018
Foto bersama dengan Tim Manajemen Sekolah Ehipassiko BSD City Kota Tangerang Selatan-Banten
(dari kiri kekanan : Mr. Roch Aksiadi, Mr. Setiadi, Mr. Ariya Vandana, dan Ms. Indi Yudini Wirawan)

Demikian acara peringatan hari Magha Puja di Ehipassiko School BSD. Semoga hal ini menjadi motivasi warga Sekolah untuk terus semangat menjalankan ajaran Buddha Dhamma hingga tercapainya kebahagiaan.

Semoga Semua Makhluk Hidup Berbahagia….

Sadhu….

 

By Tisarana.Net

Incoming search terms:

  • ym arya dalam tisarana buddha
tags: , , , , , , ,

Related For Dasa Paramita jalan menuju Kebahagiaan