Antausias Muda-Mudi Vihara Dharma Ratna Tangerang dalam Kegiatan Vihara Setiap Minggu Pagi

156

Tisarana.Net – Minggu, 13 Oktober 2019, Setiap hari minggu muda-mudi Vihara Dharma Ratna datang dengan penuh suka cita menuju gedung Dhammaputa sala untuk melaksanakan Puja Bhakti dan Sharing Dhamma. Satu persatu muda-mudi yang terdiri dari anak SMP-SMA dan beberapa dari Universitas hadir memenuhi Dhammasala ini. Kurang lebih 80 muda-muda hadir setiap minggunya. Para penerus Dhamma yang terlihat sangat baik, sopan, dan berkarakter ini merupakan harapan baru untuk kelangsungan ajaran Buddha Gautama.

Pada kali ini sharing Dhamma disampaikan oleh PMd. Roch Aksiadi, MM yang membahas tentang Karakter Buddhis dalam menghadapi Era Industri 4.0. Disampaikan juga ketrampilan masa depan yang harus dimiliki oleh generasi muda buddhis agar dapat menyesuaikan dengan perkembangan di era industri 4.0 ini diantaranya adalah:

Keterampilan Pemecahan Masalah  – Kemampuan untuk memecahkan masalah

Keterampilan Sosial – Kemampuan untuk melakukan koordinasi, negosiasi, persuasi, mentoring, kepekaan dalam memberikan bantuan hingga  kecerdasan emosional.

Keterampilan Proses – Kemampuan terdiri dari: mendengarkan dengan aktif, Pemikiran Logis, dan Pemantauan diri.

Keterampilan Sistem – Kemampuan untuk dapat melakukan “pertimbangan” dan keputusan dengan pertimbangan manfaat biaya serta kemampuan untuk mengetahui bagaimana sebuah sistem dibuat dan dijalankan

Kemampuan Kognitif – Skill yang terdiri dari antara lain: Fleksibilitas Kognitif, Kreativitas, Penalaran Logis, Sensitivitas Masalah, Penalaran Matematika, dan Visualisasi .

Keterampilan ini dalam Buddha sudah diajarkan sejak 2500 tahun yang lalu yaitu dengan pendekatan seperti Paticcasamupada menjadi dasar dalam proses keterampilan pemecahan masalah, bait dari Manggala Sutta yang berbunyi “Bergaul dengan  orang Bijaksana adalah Berkah Utama” bisa digunakanuntuk pengembangan keterampilan sosial, dan lain-lain.

Dalam penyampaian tersebut sangat interaktif dan menyenangkan, bahkan dari beberapa muda-mudi tersebut rencana kedepan akan membuat karya untuk perkembangan umat buddha seperti:

  1. Membuat aplikasi tentang ajaran Buddha untuk mengajarkan Dhamma secara virtual
  2. Membuat website Buddhis
  3. Live Broadcast dibeberapa tempat untuk membuktikan bahwa agama Buddha sejalan dengan perkembangan teknologi
  4. Menciptakan Robot yang bisa mengajarkan Dhamma
  5. Membuat Game Buddhis
  6. Mencipkatan SDM yang baik
  7. Pengembangan Catur Paramita
  8. Membuat Quiz Buddhis
  9. Membuat Aplkasi Buddhis untuk berbuat Baik
  10. Membuat Film Buddhis
  11. Menciptakan lagu buddhis yang terbaik
  12. Membuat Game Buddhis yang menarik
  13. Menciptakan Karya sastra tentang Buddhis

Semoga harapan generasi muda buddhis ini terealisasi tepat pada waktunya dan dimentori dengan penuh kebijaksanaan sehingga nantinya akan bermanfaat dengan baik demi kebahagiaan kita semua. Inilah gambaran sedikit kaum Milenial Buddhis yang patut kita dukung demi berkembangnya Buddha Sasana.

 

 

Semoga Semua Makhluk Hidup Berbahagia

by rochaksiadi

 

 




Tinggalkan Balasan

WhatsApp WhatsApp us