Cinta Kasih dan Kebijaksanaan Harus Seimbang

Senin, Maret 28th 2016. | Berita, Daerah

cetiya buddha ramsi tangerang banten tisaranadotnet
Senin, 28 Maret 2016 Cetiya Buddha Ramsi, kira-kira pukul 19.00 WIB Puja Bhakti Umum dimulai. Semua yang hadir di dalam Cetiya Buddha Ramsi Kabupaten Tangerang ini  dengan penuh hati yang bersih membacakan alunan Paritta Suci.  Setelah selesai Puja Bhakti dilanjutkan dengan pelatihan batin yaitu melaksanakan meditasi. Meditasi yang penuh dengan kesadaran dan keheningan namun bermakna. Mereka melatih meditasi Anapanasati, yaitu meditasi untuk memperhatikan keluar masuknya nafas pada diri.
Meditasi membawa manfaat besar untuk kemajuan batin setiap orang, begitu juga di Cetiya Buddha Ramsi ini, mereka terlihat cukup tenang, damai dan bahagia. Setelah meditasi selesai dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Buddhis. Mereka sangat senang dan bahagia serta ceria.
Setelah menyanyikan lagu Buddhis selesai dilanjutkan Dhammadesana. Dhammadesana atau ceramah tentang ajaran sang Buddha kali ini disampaikan oleh PMd Roch Aksiadi dengan tema “Kekuatan Cinta Kasih”. Romo Aksiadi menyampikan betapa pentingnya cinta kasih hadir dalam hati setiap orang, agar batin orang menjadi lembut, dan bersih.

Dengan selalu bertegad mengecilkan sifat-sifat buruk manusia  yaitu LOBA (Keserakahan), DOSA (Kebencian), dan MOHA (Kebodohan). Ketiga akar kejahatan ini akan saling terkait dalam pemunculannya di setiap hati manusia.

Dengan melaksanakan dan mengembangkan Cinta Kasih maka hati manusia akan menjadi damai. Namun juga perlu diingat bahwa cinta kasih yang kita kembangkan harus dilandasi dengan PANNA atau Kebijaksanaan. Karena kebijaksanaan inilah yang nanti menjadi kepanjangan tangan dari Cinta Kasih. Kebijaksanaan inilah nanti yang memutuskan akan berbuat apa setelah hati ini penuh cinta kasih. Romo Aksiadi sangat berharap apabila hati kita penuh cinta kasih dan kebijaksanaan maka jangan ragu-ragu dalam melaksanakan kebajikan ini. Laksanakan, Laksanakan, dan Laksanakan Kebajikan kepada sesama.
Itulah 2 hal yang penting dalam memutuskan untuk bertindak dengan kwalitas Nilai-nilai Buddhis yang unggul.
Semoga apa yang sudah dilakukan oleh Cetiya Buddha Ramsi dapat membawa kebahagiaan bagi umat Buddha.
Terima Kasih,

Sabbe Satta Bhavantu Sukkhitatta,

Semoga Semua Makhluk Hidup Berbahagia

 

Sadhu…., Sadhu…., Sadhu….

 

By Tisarana.Net

tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Related For Cinta Kasih dan Kebijaksanaan Harus Seimbang