BUDDHIST INSIDE I HIKMAHBUDHI SE-BANTEN

Jumat, November 25th 2016. | Berita, Daerah

buddhist-inside-i-hikmahbudhi-se-banten-tisaranadotnet1

BUDDHIST INSIDE I HIKMAHBUDHI SE-BANTEN
Oleh : Rendy Arifin

Regenerasi dan kaderisasi merupakan faktor penting dalam berorganisasi. Selain dengan rapat dan evaluasi internal, kegiatan-kegiatan eksternal akan memperlihatkan kehidupan dan eksistensi dari sebuah organisasi. PC HIKMAHBUDHI Kota Tangerang, PC HIKMAHBUDHI Serang, dan PC HIKMAHBUDHI Tangerang Selatan melihat pentingnya dari proses regenerasi dan kaderisasi itu, sehingga sepakat untuk mengadakan kegiatan bersama dengan nama “Buddhist Inside I HIKMAHBUDHI Se-Banten”. Buddhist Inside merupakan kegiatan yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai buddhis yang akan diterapkan dalam berbagai sendi kehidupan. Buddhist Inside merupakan salah satu kegiatan wajib bagi setiap cabang HIKMAHBUDHI. Buddhist Inside I HIKMAHBUDHI Se-Banten ini mengambil tema “Implementasi Pancasila Buddhis dalam Pergerakan Sosial, Spiritual, dan Kebangsaan” yang dilaksanakan pada tanggal 19-20 November 2016 di Vihara Avalokitesvara Banten.

Priski Setiawan selaku ketua panitia dalam pembukaannya melaporkan bahwa jumlah peserta dalam kegiatan ini berjumlah 68 orang yang terdiri dari mahasiswa dan pelajar Buddhis se-Banten. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Jenderal PP HIKMAHBUDHI, Manggala Wiriya Tantra dengan simbolis penyematan tanda peserta. Pembukaan acara dihadiri oleh berbagai majelis dan organisasi kepemudaan, diantaranya Yayasan Vihara Avalokitesvara Banten, PC MAGABUDHI Serang, Majelis Agama Buddha Tridharma Indonesia Vihara Metta Serang, Pengurus Vihara Mandalawangi Arama Serang, PW Pemuda Tridharma Indonesia Banten, PD Pemuda Tridharma Indonesia Serang.
Soetanta Ateng mewakili Yayasan Vihara Avalokitesvara Banten sangat mendukung kegiatan ini. Dalam sambutannya, Ia menyampaikan bahwa Vihara Avalokitesvara Banten siap mendukung berbagai aktivitas yang bertujuan untuk mengembangkan Agama Buddha. Pembukaan diakhiri oleh blessing dari Bhikkhu Tejapuñño kepada para tamu undangan dan peserta.

Setelah pembukaan selesai, acara dilanjutkan dengan seminar “Implementasi Pancasila Buddhis dalam Pergerakan Sosial, Spiritual, dan Kebangsaan” yang disampaikan oleh Bhikkhu Tejapuñño dan Eddy Setiawan. Bhikkhu Tejapuñño menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan sila, cukup menjaga tiga hal, yaitu menjaga pikiran, menjaga ucapan, dan menjaga perbuatan. Sedangkan Eddy Setiawan menyampaikan pentingnya implementasi dari Pancasila Buddhis itu sendiri dalam berbagai sendi kehidupan. Menjadi guru, direktur, petani, pedagang, gubernur, dan apa pun itu, kita harus ingat dan menerapkan Pancasila Buddhis.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini juga diisi oleh berbagai pembicara berkompeten. Randy Tunggeleng yang merupakan salah satu professional public speaker di Indonesia, menyampaikan tentang “Gaya Berkomunikasi Yang Baik dan Benar”. Komunikasi menjadi salah satu ujung tombak dalam setiap aktivitas di masyarakat. Maka dari itu, penting sekali bagi generasi muda untuk memiliki komunikasi yang baik dan benar.
Hendra dan Wira Fernandes menyampaikan tentang “Manfaat Aktif di Organisasi”. Generasi muda sekarang terlihat kurang antusias untuk ikut dalam sebuah organisasi. Hendra atau yang biasa dipanggil Achonk ini menyampaikan banyak sekali manfaat yang didapatkan dari aktif di sebuah organisasi, diantaranya adalah communication skill, menambah jaringan, dan upgrade diri. Wira Fernandes pun menambahkan bahwa seseorang yang aktif di organisasi akan memiliki nilai lebih di dunia bisnis maupun yang lainnya.

Dalam kegiatan ini, peserta juga dijelaskan mengenai kiprah HIKMAHBUDHI secara nasional yang dipaparkan oleh Manggala Wiriya Tantra selaku Sekretaris Jenderal PP HIKMAHBUDHI. Para ketua cabang juga menyampaikan aktivitas dan pergerakan HIKMAHBUDHI di wilayah masing-masing. Cabang Serang oleh Rivaldo Wijaya, Cabang Tangerang Selatan oleh Deassyana Taradipa, dan Cabang Kota Tangerang oleh Rendy Arifin.

Selama dua hari, peserta disuguhkan dengan berbagai games menarik dan seru. Di hari terakhir, peserta mencap telapak tangan dan menuliskan harapannya untuk komunitas buddhis dan bangsa Indonesia. Sebelum penutupan, peserta mendapatkan kesempatan untuk di-blessing oleh Lama Dondup dari Tibet dengan tata cara Tantrayana.

tags: , , , , ,

Related For BUDDHIST INSIDE I HIKMAHBUDHI SE-BANTEN