Bagaimana Caranya Buddha Dhamma untuk Keberhasilan dalam Karir ?

Sabtu, Maret 19th 2016. | Berita, Daerah

kalyanamitta vihara siripada rochaksiadi tisarana dot net
 Jumat, 19 Maret 2016 – Kalyanamitta Vihara Siripada Tangerang Selatan. Ketika fajar mulai tenggelam, sekelompok pemuda dan pemudi hadir dalam ruangan Dhammasala Vihara Siripada untuk melakukan kegiatan yang sangat baik sekali yaitu Puja bhakti, Meditasi dan Sharing Dhamma. Ini adalah acara rutinitas yang dilakukan oleh Kalyanamitta Vihara Siripada Kota Tangerang Selatan. Mereka melakukan kegiatan tersebut selalu dengan penuh makna. Puja bhakti yang penuh ketenangan dipimpin oleh Sdr. Ananta yang kemudian dilanjutkan dengan Meditasi pengembangan batin sehingga teman-teman sedhamma dapat melihat kedalam diri untuk mengamati jalannya pikiran masing-masing, dan diakhir meditasi pemimpin puja bhakti mengarahkan pada perenungan sehari-hari dengan membacakan arti dari parita Abhinhapacavekhana. Setelah itu Upacarika Audrey memberikan motivasi kepada semua yang hadir di Kalyanamitta Vihara Siripada untuk terus semangat dalam menjalankan Buddha Dhamma. Setelah itu dilanjutkan dengan Sharing Dhamma yang disampaikan oleh P.Md. Roch Aksiadi dengan tema Buddha Dhamma untuk keberhasilan dalam Karir.
kalyanamitta vihara siripada by rochaksiadi

Romo Aksiadi menyampikan dengan penuh semangat dan interaktif.  Beliau menjelaskan bagaimana keberhasilan karir dapat dicapai oleh kita umat Buddha, salah satu caranya yaitu dengan mengaplikasikan ajaran Buddha dalam Manggala Sutta pada syair berikut :

Hidup di tempat yang sesuai
Berkat jasa-jasa dalam hidup yang lampau
Menuntun diri ke arah yang benar
Itulah Berkah Utama

 

Memiliki pengetahuan dan keterampilan
Terlatih baik dalam tata susila
Ramah tamah dalam ucapan
Itulah Berkah Utama

 

Guru Buddha – Manggala Sutta

 

Kedua Bait diatas adalah bait yang sangat luar biasa jika kita aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dalam dunia karir. Bait yang pertama, dapat disimpulkan bahwa pentingnya kita menanam kebajikan yang nantinya kita dapat terlahir ditempat yang sesuai, untuk terus menuntun diri kearah kebenaran, ini adalah faktor KARMA baik yang harus kita tanam setiap saat. Dimana Karma Baik harus ditanam dengan Pikiran, Ucapan dan Tindakan yang BAIK setiap saat. Inilah FAKTOR PENENTU PERTAMA kesuksesan kita dalam KARIR.
Bait Kedua dapat kita simpulkan bahwa memiliki Pengetahuan dan Keterampilan, berlatih tata susila atau kedisiplinan, dan Ramah Tamah dalam ucapan itu dapat kita capai salah satunya adalah dilingkungan Pendidikan. Maka dari itu kita dalam menempuh pendidikan harus dengan sepenuh hati untuk mendapatkan PENGETAHUAN dan KETERAMPILAN yang unggul dan lebih baik dari pada yang lain. Ketika kita memiliki keterampilan yang luar biasa serta memiliki moral yang baik pasti keberhasilan karir akan kita raih. Karena semua orang disekitar kita akan melihat pengetahuan dan keterampilan yang kita miliki, tentunya kita jangan lupa aplikasikan pengetahuan dan keterampilan kita yang luar biasa itu di lingkungan aktifitas kita dengan sungguh-sungguh. Kemudian Romo Aksiadi mencontohkan juga beberapa pengusaha Buddhis yang sukses yang dapat menjadi contoh untuk motivasi kita semua. Beliaupun menceritakan kisah seorang Raja Kapal Dunia yang tadinya seorang Kuli pelabuhan dengan Gigih, pantang menyerah dan  Karma Baik akhirnya beliau dapat sukses dengan memiliki Kapal yang cukup banyak. Hal ini membuktikan bahwa Persiapan untuk kesuksesan memang harus dipersiapkan dan adanya Kesempatan yang datang dari Hasil Kebajikan Kita.
Jadi Kesimpulannya adalah :

BERSYUKURLAH LAHIR DI BSD CITY DAN SEKITARNYA (DITEMPAT YANG SESUAI)
(Anda dapat Menjalankan Passion Anda dengan mudah)
BERSYUKURLAH BISA SEKOLAH
(Anda mempunyai Pengetahuan dan Keterampilan sesuai amanat Manggala Sutta)
BERSYUKURLAH MENGENAL DHAMMA
(Karena Dhamma mendidik kita untuk Apapun yang terjadi kita tidak menyesal, maka mereka akan berpandangan positif akan HIDUP, ITULAH AKAR KESUKSESAN)

Itulah beberapa sharing Dhamma yang disampikan oleh Romo Roch Aksiadi. Kemudian Sdr. Ananta diakhir sharing Dhamma tersebut mengajukan pertanyaan dan pernyataan. Pertanyaaannya adalah Bagaimana kalau kita berdana tetapi dibalik itu ada niat lain selain berdana ? Waow… sangat luar biasa…. Kemudian hal ini dibahas bersama dan Romo juga menjelaskan bahwa segala sesuatu yang dilakukan dengan NIAT itu adalah sudah membentuk KARMA. Jika orang tersebut berniat untuk berdana berarti dia sudah menenamkan kebajikan, namun jika ia berdana dengan banyak niat, baik itu niatnya penuh dengan keserakahan ataupun kebodohan bahkan kebencian, maka kadar dari berdana itupun akan berkurang. Tetapi Kebajikan Dana yang mereka tanamkan juga akan berbuah, begitu juga dengan akar Kesarakahan, Kebencian dan Kebodohan juga akan tertanam dan dapat membuahkan penderitaan. Maka dari itu jika kita berdana alangkah baiknya Ketika kita punya NIAT, pada SAAT menyerahkan dan SETELAH menyerahkan dilandasi dengan ketulusan, cinta kasih, dan keyakinan terhadap Ajaran Buddha Dhamma, maka hasilnya akan maksimal dan kebahagiaan akan selalu menyertainya. Karena hati yang penuh cinta kasih akan membuat efek pada jiwa manusia yang positif.

Demikian sekilas tentang kegiatan di Kalyanamitta Vihara Siripada Kota Tangerang Selatan.
Semoga kita semua maju dalam Dhamma

Sadhu… Sadhu…. Sadhu…

by tisarana.Net

Incoming search terms:

  • bagamaniya
  • tema untuk sharing agama buddha
tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Related For Bagaimana Caranya Buddha Dhamma untuk Keberhasilan dalam Karir ?