Ajaran Buddha Sumber yang Tak Pernah Kering

Kamis, Juni 9th 2016. | Berita, Daerah

ajaran buddha takpernah kering oleh medan merdeka share tisaranaDotNet

MedanBisnis – Pemetangsiantar. Ajaran agama Buddha merupakan sumber yang tak pernah kering dalam memberi inspirasi kepada umat-Nya untuk mencapai kemajuan dan kesejahteraan.
Sidharta Gautama telah mengajarkan dharma yang berisi nilai-nilai universal, falsafah kehidupan yang mendalam serta pencerahan tentang hakekat dan makna kehidupan umat yang sejati.

“Sehingga tidak terbelenggu oleh ego dan hawa nafsu, serta mengedepankan sinergi antara kecerdasan dan keluasan wawasan dan keluhuran batin,” kata Penjabat Walikota Pematangsiantar Jumsadi Damanik pada pelepasan Prosesi Lilin dalam rangka Perayaan Tri Suci Waisak 2560 BE, Sabtu malam (4/6) di pelataran Maha Vihara Vidya Maitreya, Jalan Ade Irma Suryani Kelurahan Melayu, Kecamatan Siantar Utara.

Prosesi Lilin yang diikuti ratusan umat Buddha berpakaian serba kuning dan masing-masing membawa lilin ini, mengitari jalan-jalan utama Kota Pematangsiantar, mulai dari Vihara dan kembali ke Vihara.

Pada bagian lain, Pj Walikota juga mengajak seluruh umat Buddha yang ada di Kota Pematangsiantar, untuk bersama-sama menjaga kelestarian maupun kebersihan lingkungan, menjaga kekondusifan serta saling menjaga kerukunan antar umat beragama.

“Kota Pematangsiantar yang multikultural dan sangat toleran ini, merupakan potensi dasar bagi kita untuk dapat melaksanakan program pembangunan. Karena itu, mari kita saling menjaga dan menghormati, apalagi secara kebetulan besok umat Muslim akan melaksanakan ibadah puasa yang dilanjutkan dengan Idul Fitri,” katanya.

Dalam laporannya, Ketua Panitia Rujono menjelaskan perayaan Tri Suci Waisak merupakan kegiatan rutin tahunan yang memperingati sejarah penting kehidupan Sidharta Gautama, yaitu kelahirannya, menjadi Buddha dan wafatnya sang Gautama (Parinibbana).

Kegiatan yang dikoordinir Perwakilan Umat Budda Indonesia (Walubi) Kota Pematangsiantar ini bertujuan untuk meningkatkan keyakinan terhadap Buddha dan ajaranNya dan meningkatkan kerukunan intern umat Buddha sendiri, khususnya umat Buddha yang ada di Kota Pematangsiantar.

“Meskipun secara nasional perayaan Tri Suci Waisak jatuh pata tanggal 22 Mei 2016 lalu, tetapi perayaannya diperbolehkan sesuai kondisi selama masih bulan Vesakh,” katanya. (jannes silaban)

 

Sumber :

http://www.medanbisnisdaily.com/news/read/2016/06/08/238774/ajaran-buddha-sumber-yang-tak-pernah-kering/#.V1jM8NKLTIU

tags: , , , ,

Related For Ajaran Buddha Sumber yang Tak Pernah Kering