Seperti apakah Meditasi Samatha dan Vipassanā?

Senin, Januari 30th 2017. | Artikel

center-vipassana-meditation meditasi vipassana dan samatha bhavana by tisarana dot net

Oleh : Yang Mulia Mahāsi Sayādaw

Apa yang kita renungkan/meditasikan? Bagaimana caranya kita mengembangkan pandangan terang? Ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang sangat penting. Ada dua jenis meditasi yaitu meditasi ketenangan (samathā) dan pandangan terang (vipassanā). Bermeditasi pada sepuluh alat bantu (kasina) hanya menimbulkan ketenangan, bukan pandangan terang. Bermeditasi pada sepuluh hal yang menjijikkan (misalnya, mayat yang membengkak) hanya menimbulkan ketenangan, bukan pandangan terang. Sepuluh perenungan, seperti perenungan terhadap Sang Buddha atau Dhamma, juga hanya menimbulkan ketenangan, bukan pandangan terang. Bermeditasi pada tiga puluh dua bagian tubuh seperti rambut, kuku, gigi, dan kulit, juga tidak dapat menimbulkan pandangan terang. Hal ini hanya dapat mengembangkan konsentrasi. Perhatian penuh terhadap pernafasan (ānāpānassati) juga digunakan untuk pengembangan konsentrasi, tetapi seseorang juga dapat mengembangkan pandangan terang dengan cara ini. Namun kitab visuddhimagga memasukkannya dalam kelompok obyek untuk meditasi samatha, jadi kita juga akan mengelompokkannya seperti demikian.

Lalu terdapat empat kediaman luhur (appamaññā): cinta kasih (mettā), belas kasihan (karunā), simpati terhadap kebahagian/kesuksesan orang lain (muditā), dan keseimbangan mental (upekkhā), empat meditasi tanpa bentuk yang dapat menuntun ke jhāna tanpa bentuk (arūpa jhāna), dan perenungan pada kejijikan dari makanan. Semua ini adalah obyek-obyek untuk meditasi samatha.

Ketika anda bermeditasi terhadap empat unsur (dhātu) di dalam tubuh anda, hal ini dinamakan analisa terhadap empat unsur. Walaupun hal ini mengembangkan konsentrasi, ini juga membantu mengembangkan pandangan terang. Keseluruhan empat puluh obyek meditasi ini digunakan untuk mengembangkan konsentrasi. Hanya pernafasan (ānāpānassati) dan analisa terhadap empat unsur (dhātu) yang digunakan untuk mengembangkan pandangan terang. Obyek-obyek yang lain tidak akan menimbulkan pandangan terang – untuk mendapatkan pandangan terang, anda harus berusaha lebih jauh.

“Bagaimana caranya kita mengembangkan pandangan terang?”

Caranya adalah,” Kita mengembangkan pandangan terang dengan bermeditasi terhadap lima kelompok kemelekatan.”

Fenomena mental dan jasmani di dalam makhluk hidup adalah kelompok kemelekatan. Mereka bisa dicengkeram oleh hasrat dan disertai kesenangan, yang disebut ‘kemelekatan indera’, atau mereka bisa dicengkeram oleh pandangan salah, yang disebut ‘kemelekatan terhadap pandangan’. Anda harus bermeditasi dan melihat mereka sebagaimana adanya. Jika tidak, anda akan mencengkeramnya dengan hasrat dan pandangan salah. Sekali anda melihat mereka sebagaimana adanya, anda tidak akan mencengkeram mereka lagi. Inilah caranya mengembangkan pandangan terang.

Sumber : http://aimwell.org/Books/Mahasi/Fundamentals/fundamentals.html

Incoming search terms:

  • meditasi samatha
tags: , , , ,

Related For Seperti apakah Meditasi Samatha dan Vipassanā?