Meditasi bak Anak Laki-laki Menagkap Kadal by Y.M. Ajahn Chah

Jumat, Maret 4th 2016. | Artikel

Ajahn Chah meditasi seperti anak menangkap kadal
Cara untuk memusatkan pikiranmu pada sebuah objek, untuk menangkap dan memegang pada objek tersebut, adalah dengan memperkenalkan dirimu dengan pikiranmu dan memperkenalkan dirimu dengan objekmu. Hal ini sama caranya seperti laki-laki yang menangkap seekor kadal. Kadal tersebut berdiam di dalam cekungan sebuah sarang rayap yang memiliki enam lubang. Laki-laki itu menutup lima lubang, meninggalkan hanya satu lubang saja bagi si kadal untuk keluar. Kemudian dia duduk mengawasi satu lubang tersebut. Ketika kadal tersebut keluar, dia menangkapnya.

Kamu memfokuskan pikiranmu dengan cara yang sama. Tutup matamu, tutup telingamu, tutup hidungmu, tutup lidahmu, tutup badanmu, dan biarkan hanya pikiranmu yang terbuka. Dengan kata lain, berlatihlah untuk menahan nafsu inderamu dan pusatkan hanya pada pikiran.

Meditasi adalah seperti laki-laki yang menangkap seekor kadal. Kamu pusatkan pikiranmu pada nafas, menjadi penuh perhatian dan tetap sadar. Apapun yang kamu lakukan, kamu sadar apa yang kamu lakukan.

Perasaan yang muncul di pikiran pada saat itu adalah bahwa kamu sadar apa yang kamu sedang lakukan. Perasaan itu adalah yang membuat kamu sadar.

Sumber :

Vidyāsenā Production
Vihāra Vidyāloka

tags: , , , , , , , , , ,

Related For Meditasi bak Anak Laki-laki Menagkap Kadal by Y.M. Ajahn Chah