Marah, Tamu Tak Diundang – YM. Thich Nhat Hanh

Senin, Agustus 1st 2016. | Artikel

marah tamu tak diundang Thich Nhat Hanh dishare oleh tisaranaDotNet

Jika kamu menonjok sebongkah batu, walaupun batu itu tidak menonjok balik, kamu tetap akan merasakan sakit.Apa maksudnya ???

Jika kamu marah, memaki, membenci orang lain, walaupun orang itu tidak membalas memarahi, memaki ataupun membencimu, kamu akan tetap merasakan sakit. Sakit itu muncul dari perasaan marah, benci yang ada di dalam dirimu dan orang pertama yang akan terluka adalah diri sendiri.

Bayangkan ketika kemarahan memenuhi dirimu, apakah pada saat itu kamu merasa bahagia ???
Dan ketika kamu menemukan orang yang tepat untuk menerima segala kemarahanmu, kamu memarahinya, menumpahkan segala kekecewaan dan kemarahan yang terkumpul dalam dirimu, memakinya, menganggapnya seperti sampah. Setelah semua itu berakhir, apakah ada kebahagiaan yang kamu temukan di dalam dirimu ???
“Tidak”, jelas sekali “Tidak”.

Yang muncul pada saat itu adalah rasa sakit, kekecewaan, dan penyesalan. Bahkan ketika orang itu tidak membalas, maka kamu akan menyesal telah melakukan hal buruk kepadanya, kamu telah melukainya, dan melukai dirimu sendiri. Sama ketika kamu menonjok sebongkah batu, sebelum batu itu membalas menonjokmu, tanganmu akan terluka lebih dulu.

Begitupun dengan kemarahan, kebencian, dan cacian yang kita berikan dan kita tumpahkan kepada orang lain, terlebih dahulu akan melukai diri kita sendiri.

“Di Bawah Pohon Jambu Air” – Thich Nhat Hanh”

Sumber : Romo Budi Cipta – Tangerang
Sumber Gambar : Google

Incoming search terms:

  • Emoji marah sekali
  • emoticon marah
  • gambar marah
tags: , , , , , , , ,

Related For Marah, Tamu Tak Diundang – YM. Thich Nhat Hanh