Alangkah berharganya pemberian ini !

Kamis, Maret 31st 2016. | Artikel

thich-nhat-hanh-padamtisarana tisarana.net

Setiap pagi, ketika kita bangun, kita mempunyai dua puluh empat jam yang baru untuk hidup. Alangkah berharganya pemberian ini! Kita mempunyai kapasitas untuk hidup dalam satu cara sehingga dua puluh empat jam ini akan membawa kedamaian, kegembiraan dan kebahagiaan bagi diri kita maupun yang lainnya.

Kedamaian itu hadir tepat di sini dan saat ini, di dalam diri kita sendiri dan di dalam setiap hal yang kita lakukan dan kita lihat. Masalahnya adalah apakah kita bersentuhan dengannya atau tidak. Kita tidak perlu pergi jauh untuk menikmati langit biru. Kita tidak perlu meninggalkan kota kita atau bahkan tetangga kita untuk menikmati mata seorang anak yang cantik. Bahkan udara yang kita hirup bisa menjadi sumber kegembiraan.

Kita bisa tersenyum, bernapas, berjalan dan memakan makanan kita dengan cara yang memungkinkan kita untuk bersentuhan dengan kebahagiaan berlimpah yang tersedia. Kita sangat baik di dalam mempersiapkan diri untuk hidup, tetapi kurang baik di dalam menikmati kehidupan. Kita tahu bagaimana harus mengorbankan sepuluh tahun untuk sebuah diploma dan kita mau bekerja sangat keras untuk mendapatkan pekerjaan, mobil, rumah dan sebagainya. Tetapi kita sulit mengingat bahwa kita hidup pada saat ini, satu-satunya waktu bagi kita untuk hidup. Setiap tarikan napas kita, setiap langkah yang kita lakukan, dapat diisi dengan kedamaian, kegembiraan dan ketenangan. Kita hanya butuh untuk bangun, hidup di saat sekarang ini.

Buku kecil ini diterbitkan sebagai sebuah lonceng kewaspadaan, suatu peringatan bahwa kebahagiaan terjadi hanya pada saat ini. Tentu saja, rencana untuk masa depan adalah suatu bagian dari hidup. Bahkan satu rencana pun hanya bisa dilaksanakan pada saat sekarang ini. Buku ini merupakan ajakan untuk kembali pada saat ini dan menemukan kedamaian dan kegembiraan. Saya sajikan beberapa pengalaman saya dan sejumlah teknik yang mungkin bisa membantu. Tetapi janganlah menunggu sampai menyelesaikan buku ini baru menemukan kedamaian. Kedamaian dan kebahagiaan terdapat pada setiap saat. Pada setiap langkah itulah kedamaian terdapat. Kita akan berjalan bergandengan tangan. Selamat mengikuti.

sumber :
Buku Dhammadesana.com

tags: , , , , , , , , , ,

Related For Alangkah berharganya pemberian ini !